| by | Filed under Motor, Otomotif.

Perkembangan teknologi motor yang semakin maju, banyak perubahan yang terjadi meskipun fungsi dan tujuannya sama. Dari semakin maju teknologi motor justru akan mengarah ke maintenance free (bebas perawatan) serta peralatan servis yang disiapkan semakin canggih. Kita ambil contoh soal motor injeksi, yang selama ini konsumen terbiasa bongkar pasang karburator,  begitu dihadapkan pada perangkat pengabut bensin serba elektrik, konsumen jadi binggung.

Di era teknologi motor injeksi banyak bengkel umum yang sadar untuk mempelajari sistem pengkabutan bahan bakar elektronik ini. Salah satunya dengan diagnostic tool, semua kinerja kompenen dalam injeksi bisa lebih mudah dilihat. Sayangnya ATPM, baik Honda, Yamaha atau merek lainnya tidak menjual bebas perangkat ini dan hanya untuk bengkel resmi.

Injection Diagnostic Tool

Mendeteksi kerusakan sistem injeksi pada sepeda motor bisa menggunakan Diagnostic Tool. Berikut ini beberapa model diagnostic tool sesuai merek motor :

Motor Injeksi Honda (HiDS – Injection Diagnostic Tool)

HiDS – Injection Diagnostic Tool

Cara menggunakan HiDS dengan menyambungkan alat ini ke sistem injeksi dari Electronic Control Unit (ECU)  semua kerusakan dan  kinerja semua sensor sudah langsung terdeteksi. Sebenarnya alat ini mirip HDS (Honda Diagnostic System) dari Thailand yang khusus buat honda supra X125 injeksi, tetapi HiDS buatan indonesia bisa digunakan semua motor honda injeksi.

HDS (Honda Diagnostic System)

Motor Injeksi Yamaha  (YDT – Yamaha Diagnostic Tool)

YDT – Yamaha Diagnostic Tool

YDT harus di-instal dengan menggunakan laptop yang memiliki spesifikasi processor minimal 1 GHz 32 bit, RAM 512 MB, minimal kapasitas hardisk 40 GB dan menggunakan operation system Windows XP atau Vista. Setelah CD di-install kemudian colok soket yang sesuai, terus anda bisa ketahui kalau alat ini memiliki 8 fungsi utama yaitu untuk mengetahui malfunction, diagnosis, inspection, CO, monitoring, logging, log viewer dan re-programing ECU.

Yamaha Diagnostic Tool

Motor Injeksi Kawasaki (KDS – Kawasaki Diagnostic System)

KDS – Kawasaki Diagnostic System

Perangkat KDS dalam bentuk software harus di-install lewat laptop atau PC. Untuk menghubungkan dengan sepeda motor, ada konektor berupa adaptor interface. Alat ini bisa digunakan membaca kerusakan pada sepeda motor Kawasaki yang sudah pakai injeksi, seperti ER-6n, Ninja 650, ZX-6R D-Tracker 250 dan KLX 250.

Kawasaki Diagnostic System

Motor Injeksi Piaggio (PADS – Piaggio Advanced Diagnostic System)

PADS – Piaggio Advanced Diagnostic System

PADS digunakan pada motor Vespa LX 150ie dan Piaggio Liberty 150ie. PADS memiliki kesamaan dengan YDT dan KDS dalam fungsi kegunaannya serta cara menggunakan melalui laptop.