by | Filed under AFC, Bola.

Dengan berkembangnya sepakbola Indonesia maka beberapa stadion pun ikut mengalami perkembangan yang meskipun tidak semegah di negara Eropa namun, paling tidak bisa bersaing dengan Negara-Negara asia lain. Memang begitu banyak Stadion sepakbola di Indonesia tapi tidak semua yang bertaraf internasional, mungkin dengan Keberadaan beberapa stadion yang bertaraf Internasional di Indonesia akan menjadi daya tarik yang perlu dipertimbangkan oleh FIFA untuk menjadikan kelak indonesia menjadi salah satu tuan rumah piala dunia nantinya. Berikut 10 Stadion Indonesia Bertaraf Internasiona

1. Gelora Bung Karno

Stadion GBK Gelora Bung Karno

Stadion terbesar di Indonesia saat ini dibangun dipertengahan komplek olahraga jakarta, yang pembangunan stadion ini dimulai pada pertengahan tahun 1958 di era Presiden Soekarno. Dengan kapasitas penonton 80.000 orang dan yang merupakan stadion kebanggaan rakyat Indonesia karena berbagai event internasional pernah diadakan distadion ini diantaranya yaitu Asian Games IV tahun 1962, tuan rumah Piala Asia tahun 2007, Piala AFF 2010 dan masih banyak lagi event Internasional lainnya yang akan diadakan ditahun-tahun mendatang.

2. Gelora Sriwijaya Jakabaring

Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring

Terletak di daerah Jakabaring Pelembang menjadikan stadion ini tempat kedua jika stadion Gelora Bung Karno tidak bisa digunakan. Dengan kapasitas 40.000 penonton stadion Jakabaring sudah pernah juga digunakan event Internasional yang diantaranya SEA Games 2012 yang pada waktu itu Indonesia menjadi tuan rumah.

3. Gelora Bung Tomo

Stadion Gelora Bung Tomo

Dengan kapasitas 55.000 penonton menjadikan stadion ini kandang masa depan Klub Persebaya Surabaya. Stadion yang selasai pembangunanya awal 2011 dengan menghabiskan anggaran 440 milyar dan terletak di Surabaya Timur ini jelas kebanggaan buat Sporter Persebaya khususnya Bonek.

4. Main Stadium Riau

Main Stadium Riau

Dibangun pada tahun 2009 dan menghabiskan biaya 800 milyar menjadikan stadion ini termegah dan memiliki arsitektur yang modern. Dengan kapasitas 45.000 penonton, Stadion ini menjadi tempat perhelatan PON XVII.

5. Stadion Utama Palaran

Stadion Utama Palaran Markas Persisam

Markas Klub Persisam Putra Samarinda ini memiliki kapasitas 50.000 penonton yang mana merupakan stadion pertama di Indonesia yang seluruh tempat duduknya memakai kursi penonton.

6. Stadion Dompak

Stadion Dompak

Sejarah singkat Stadion Utama Tanjung Pinang ini yang berada di kepulauan Riau dengan memiliki 40.000 kursi penonton masih dalam tahap pembangunan. Nantinya ini menjadi akan menjadi stadion yang bertaraf internasional, perkiraan selasai pertengahan 2013.

7. Stadion Perjiwa

Stadion Perjiwa Tenggarong

Stadion Kudunga terletak di komplek olahraga Perjiwa Tenggarong, Kalimantan Timur. Stadion ini telah resmi menjadi kandang dari kesebelasan Mitra Kutai Kartanegara yang memiliki daya tampung sekitar 35.000 penonton. Stadion ini dipastikan akan lebih megah dibanding Stadion Utama Palaran ataupun Senayan. Selain lapangan standar Eropa, stadion ini akan dilengkapi atap model knock down. Atap bisa distel membuka dan menutup secara digital.

8. Stadion Manahan

Stadion Manahan Solo

Stadion ini mengacu pada aturan FIFA dengan kapasitas penonton 25.000 orang. Markas Klub Persis Solo dan Solo FC ini terletak di surakarta dan memenuhi syarat sebagai tempat penyelenggaraan event internasional karena dekat dengan bandara internasional.

9. Stadion Gede Bage

Stadion Gede Bage Bandung

Stadion Gede Bage ini merupakan salah satu stadion terbesar milik Indonesia yang memiliki kapasitas kurang lebih 60.000 tempat duduk. Stadion Gede Bage terletak di kota Bandung, Jawa Barat. Stadion Gedebage merupakan stadion masa depan Persib Bandung untuk menjalani partai kandang di Kompetisi Liga Indonesia. Stadion ini dibangun dengan anggaran Rp495 miliar.

10. Stadion Taman BMW

Stadion Taman BMW Jakarta

Stadion Taman BMW (Taman Bersih Manusia dan berWibawa) merupakan kandang masa depan klub elit sepakbola Indonesia, yaitu Persija Jakarta. Dapat di bayangkan apabila stadion ini selesai sesuai perencanaan yang telah ada, stadion ini bakal menjadi Allianz Arena nya Indonesia ataupun menyerupai Emirates Stadium yang ada di Inggris.