| by | Filed under Otomotif, Tips Trik & Modifikasi.

Pentingnya mengetahui jenis telapak ban pada kendaraan agar memudahkan kita untuk memilih ban mana yang nantinya akan kita pakai sesuai keinginan kita. Ini juga tentunya akan semakin kita mengerti arti alur ban tersebut, Berikut jenis-jenis telapak ban kendaraan.

Ban IRC RX 01 dan Ss 530 sp

Telapak Ban Searah (Directional)

Seperti anak panah atau pola kembangannya berbentuk huruf ā€œvā€. Memiliki fitur: Menepis air dengan sempurna dalam pengendalian lebih baik di permukaan basah maupun kering, performa serta pengereman lebih baik, biasanya tersedia dalam ukuran besar (15 inci ke atas) serta memiliki indeks kecepatan yang tinggi. Cocok untuk para pengemudi yang menyukai performa dan kecepatan tinggi.

Telapak Ban Simetris (Symmetric)

Dengan desain rib yang berkesinambungan atau blok. Kedua sisinya, baik sisi dalam dan luar memiliki fitur serta kegunaan yang sama. Pada umumnya ban dengan pola simetris memiliki alur yang seperti gelombang. Memiliki fitur: Nyaman serta sangat hening, alur utama untuk menepis air. Cocok bagi pengemudi yang menyukai kenyamanan serta keheningan dalam berkendara.

Telapak Ban Asimetris (Asymmetric)

Mempunyai pola yang unik dalam membedakan kedua bagian sisinya. Bagian luar ban biasanya memiliki desain alur lebih besar untuk menepis air serta meningkatkan pengendalian pada jalan basah. Sedangkan bagian dalam ban memiliki alur lebih kecil guna memperluas bidang yang bersentuhan dengan jalan sehingga ban lebih stabil. Memiliki fitur: pengendalian yang baik di jalan basah dan kering, pengendalian baik ketika membelok pada kecepatan tinggi. Cocok bagi pengemudi yang menyukai performa tinggi.