| by | Filed under Otomotif, Tips Trik & Modifikasi.

Dibawah ini ada informasi yang mengenai cara membuka baut yang patah, dimana ternyata sangat berguna sekali loh. Coba bayangkan bila anda sedang membuka baut dan seketika patah, sehingga sisa bagian dari baut tersebut masih tersisa di parts lain. Ini mungkin akan membuat kita sedikit panic apa lagi kalau patahnya dibagian blok mesin, bisa-bisa dibawa ke bengkel bubut dech.

Tapi untuk anda yang lebih tenang dan mencari solusi di saudara, teman serta internet pasti baut yang patah pasti itu akan bisa keluar yaitu dengan Tools yang namanya SCREW EXTRACTOR. Cara Mengeluarkan Baut Yang Patah Dengan SCREW EXTRACTOR yaitu;

  • Pertama kita buat lubang di baut yang patah dengan Bor yang mata bor yang disesuaikan dengan besar baut yang patah.
  • Kedua Setelah kita buat lubang di baut kita pasang Screw Extractor dengan ukuran yang sesuai.
  • Ketiga Putar ke arah seperti biasanya kita membuka baut (Counter Clockwise). Cara Kerja Screw Extractor adalah seperti Sekrup hanya arah ulir sekrup saja ini yang terbalik dari biasanya. Jadi semakin kita puter ke kiri (arah membuka baut) maka ulir sekrup sebenarnya akan semakin kencang mengunci badan baut yang tertinggal.
  • Keempat Yesssss…………Kebuka dech tuh baut.

Mengeluarkan Batu Patah

Menggunakan Screw Extract

Screw Extractor

Screw Extractor and T-wrench

Tools ini telah menyelamatkan beberapa kasus yang cukup heboh, seperti busi yang patah (dratnya tertinggal), baut radiator patah, baut manifold, dsb.

Harga sekitar 30ribu – ratusan ribu tergantung merek dan kualitas.