| by | Filed under Otomotif, Tips Trik & Modifikasi.

Perlu saya jelaskan sedikit apa yang dimaksud dengan Hypermiling. Jadi, Hypermiling adalah tindakan mengendarai kendaraan dengan menggunakan teknik yang memaksimalkan penghematan bahan bakar . Mereka yang mempraktekkan teknik ini disebut sebagai “hypermilers.” Sedikit tips untuk bisa hemat Bahan Bakar menggunakan tekhik hypermiling, Ini beberapa cara yang selalu kita pikirkan agar kendaraan kita hemat dalam mengkonsumsi bahan bakar.
Tapi sepertinya kita lupa bahwa di dalam mobil ICE-powered biasa atau yang dimaksud dengan mesin pembakaran internal, juga tergantung pada keterampilan mengemudi kita sehingga penghematan bahan bakar bisa mencapai jarak yang mengesankan.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya Hypermiling adalah cara untuk mencapai tingkat konsumsi bahan bakar yang lebih baik dari perkiaraan. Ini semua tentang efisiensi dan mungkin ada beberapa hal yang tidak menyenangkan ketika dilakukan. Berikut Teknik Hypermiling Untuk Menghemat Bahan Bakar.

  • Bertanggung jawab dalam menggunakan pedal gas dan rem. Maksudnya Percepatan dan perlambatan mobil harus dilakukan secara mulus tanpa gerakan tiba-tiba dalam menginjak pedal Gas.Teknik ini dapat mengurangi konsumsi bahan bakar hingga 33 persen.
  • Gunakan medan. Artinya jika anda berada pada posisi downgrade seperti ketika anda sedang menuruni bukit atau ketika anda melihat lampu merah dari jauh tanpa harus berhenti anda mengurangi kecepatan sambil menunggu lampu hijau kembali.
  • Matikan mesin anda. Mesin mobil dapat juga digunakan baik itu pada posisi idling atau turn off. Biasanya hal ini terjadi di stoplights.
  • Jangan mengebut. Dalam hal ini kecepatan memang bukanlah hal yang penting tetapi kita sedang berusaha untuk mencapai jarak tempuh yang lebih baik. Karena semakin cepat putaran mesin, semakin cepat mobil berjalan, semakin udara di sekitar itu mencoba untuk melawan. Ini disebut dengan drag aerodinamis. Langkah 4 ini hanya bisa di antisipasi dengan menerapkan Langkah 2 tetapi dengan cara yang berbeda. Seperti anda bisa berlindung di belakang mobil yang lebih besar dari mobil anda agar dapat mengurangi daya drag aerodinamis ini.
  • Kenyamanan. Matikan setiap sistem yang dapat mengurangi konsumsi bahan bakar seperti AC yang dibatasi penggunaannya sampai 5 atau 30 persen. Atau lebih baik lagi AC dapat dimatikan. Gerakan Hypermiling ini bisa di ibaratkan dengan gaya hidup vegetariannya dunia otomotif.

Selamat mencoba.