| by | Filed under Otomotif, Tips Trik & Modifikasi.

Pemilihan bahan bakar yang tepat sangat penting untuk mencapai kemampuan mesin yang optimum. kerusakan mesin yang disebabkan oleh penggunaan bahan bakar yang tidak tepat akan menyebabkan hilangnya efektifitas three-way catalytic conventerdan menjadikan sistem kontrol emisi gas buang berfungsi dengan tidak sempurna serta akan merusak mesin. Hal ini akan dapat juga menambah biaya perawatan, Berikut tipe bahan bakar yang baik digunakan.

Gunakan hanya bahan bakar bensin tanpa timbal

Ini untuk membantu mencegah kebingungan di SPBU, Kendaraan anda memiliki lubang pengisian tangki bahan bakar yang lebih kecil. Nozel khusus pada pompa dengan bahan bakar tanpa timbal akan bersesuai dengannya, tetapi nozel standar yang lebih besar pada pompa dengan bahan bakar mengandung timbal tidak akan masuk.

Pilih Research Ictane Number 90 atau lebih tinggi

Menggunakan bahan bakar dengan angka oktan atau cetane lebih rendah dari yang ditetapkan akan menyebabkan mesin knocking secara terus menerus dan apabila ini terlampau berat dapat mengakibatkan kerusakan pada mesin.

Jika mesin anda Knocking

Jika anda mendeteksi adanya Knocking yang keras walaupun anda telah menggunakan bahan bakar yang telah dianjurkan diatas sebaiknya anda konsultasi pada bengkel resmi, tetapi adakalanya jenis knocking ringan pada waktu kendaraan mendaki bukit atau melakukan akselerasi. Hal iniĀ  normal dan gejala ini tidak perlu dirisaukan.