by | Filed under Otomotif, Tips Trik & Modifikasi.

Prosedur menghidupkan mesin dengan baterai pancing memang sangat penting untuk diketahui sebagai menghindari resiko terjadinya korsleting listrik dan kebakaran. Sebelum melakukan prosedur tersebut sebaiknya anda membaca Tips Aman Menghidupkan Mesin dengan Beterai Pancing

Accu Batre Kendaraan

  • JIka Baterai pancing yang digunakan terpasang di kendaraan lain, pastikan bahwa kendaraan tersebut tidak menyentuh kendaraan yang sedang dipancing. Matikan semua lampu dan accessories yang tidak perlu. Ketika menghidupkan mesin dengan baterai pancing sebaiknya gunakan baterai pancing yang cocok atau kualitasnya lebih tinggi. Baterai yang kualitasnya lebih rendah mungkin sulit untuk dijadikan baterai pancing. Jika menghidupkan mesin dengan baterai pancing sulit sebaiknya isi/charge baterai selama beberapa menit.
  • Jika mesin pada kendaraan dengan baterai pancing tidak hidup sebaiknya hidupkan mesinnya dan biarkan terputar selama beberapa menit. Selama menghidupkan mesin dengan baterai pancing, naikkan putaran mesin sampai sekitar 2000 rpm dengan sedikit menekan pedal akselerator.
  • Buatlah hubungan kabel dengan urutan 1, 2, 3, 4.
    1. Hubungkan klem kabel pancing positif (merah) ke terminal positif (+) pada baterai yang lemah.
    2. Hubungkan klem di ujung lain dari kabel pancing positif (merah) ke terminal positif (+) di beterai pancing.
    3. Hubungkan klem kabel pancing negatif (hitam) ke terminal negatif (-) pada baterai pancing.
    4. Hubungkan klem di ujung lain dari kabel pancing negatif (hitam) ke bagian yang keras, tidak bergerak, tidak di cat dan titik logam pada kendaraan yang baterainya lemah.

Jangan menghubungkan kabel ke atau dekat bagian yang bergerak ketika mesin diputar.

Catatan :
Ketika melakukan penyambungan untuk menghindari kecelakaan atau cedera serius, jangan memiringkan baterai atau secara tidak sengaja melepaskan kabel pancing atau klemnya menyentuh sesuatu kecuali dengan terminal baterai atau massa yang benar.

  • Hidupkan mesin anda dengan cara normal. Setelah hidup, jalankan mesin pada putaran sekitar 2000 rpm selama beberapa menit dengan pedal akselerator sedikit diteken.
  • Lepaskan kabel-kabel pancing dengan hati-hati dengan urutan kebalikan yang tepat (kabel negatif dan kemudian kabel positif).

Jika upaya pertama untuk menghidupkan tidak berhasil sebaiknya:

  • Periksa bahwa klem pada kabel pancing telah kencang.
  • Isi kembali baterai yang lemah dengan kabel pancing dihubungkan selama beberapa menit dan hidupkan kembali mesin anda dengan cara normal.
  • Jika usaha lain tidak berhasil dan penyebab lemahnya baterai anda tidak jelas, sebagai contoh jika lampu-lampu masih menyala. Sebaiknya anda melakukan pemeriksaan di bengkel servis yang memenuhi syarat.

Setelah menghidupkan dengan beterai pancing

Pasang penutup baterai ke dalam tempatnya dengan aman. Pastikan dengan baik, bila tidak hal ini dapat merusak kendaraan anda.