| by | Filed under Bola, UEFA.

Sir Alexander Chapman “Alex” Ferguson atau biasa disapa Sir Alex Ferguson adalah salah satu pelatih terbaik yang sudah memenangkan banyak trofi dari pelatih Liga Inggris lainnya. Ferguson yang sudah mulai menangani Manchester United sejak pada tahun 1986 dari lebih 1000 pertandingan, menjadikan sosok Sir Alex menjadi pelatih tersuskses dalam sejarah sepak bola Inggris.

Meskipun pria kelahiran Govan, 31 Desember 1941, berkebangsaan Skotlandia ini belum merencanakan kapan untuk pensiun, tetapi manajemen Manchester United sudah berencana mencari sosok penganti yang pas.

Sebelumnya petinggi MU sudah menyiapkan beberapa kandidat calon pengganti Ferguson yang tepat diantaranya 2 pelatih top yang dianggap sangat layak yaitu Jose Mourinho dan Josep Guardiola. Tetapi kandidat kuat yang akan menggantikan Sir Alex Ferguson mungkin adalah Mourinho seperti yang dikatakan mantan manajer Tottenham Hotspur Harry Redknapp menilai Jose Mourinho adalah sosok yang paling pantas menggantikan Sir Alex Ferguson di Manchester United. Menurut Redknapp, The Special One memiliki kemampuan yang mumpuni untuk melakukan tugas berat itu.

Mou merupakan salah satu pelatih tersukses di dunia. Ia berhasil meraih banyak gelar juara bersama Porto, Chelsea, Inter Milan dan Real Madrid. Meskipun gaya kepelatihan mereka sangat berbeda tetapi The Special One bisa menjadi suksesor Fergie.