| by | Filed under AFC, Bola.

Optimis kembali mengiringi timnas Indonesia untuk berlaga di ajang turnamen gelaran sepakbola dua tahunan ini, meskipun sejumlah masalah melanda dikubu timnas. Nil menghadapi banyak cobaan saat menjelang Piala AFF 2012. Meski demikian, sejumlah pengamat mengatakan ” Indonesia punya peluang besar untuk lolos dari babak penyisihan meskipun masih samar-samar kansnya untuk bisa jadi juara”, ungkap Yeyen Tumena Pemain Era 90-an.

Tim Nasional Indonesia juga diuntungkan dengan jadwal Timnas sebab, skuad Garuda akan mengawali laga dengan tim yang dinilai paling lemah, yaitu Laos.¬†Fabio Oliveira mengatakan, ” Secara hitungan kasar, kekuatan Laos masih berada di bawah Singapura dan Malaysia, meski hal ini hanya berdasarkan hitungan di atas kertas “. Ia juga menambahkan ” bahwa timnas Indonesia tetap tak akan meremehkan lawan di setiap pertandingan”.

Komposisi Indonesia tahun ini banyak berubah dari dua tahun lalu antara lain akibat adanya dualisme di PSSI yang melahirkan dua kompetisi liga sepak bola, tetapi ini tidak mengendurkan semangat tim Garuda untuk lolos di fase group apalagi ditambah dengan dukungan masyarakat Indonesia.

Timnas Indonesia akan bertolak ke Malaysia pada tanggal 21 November. Berselang empat hari, mereka akan melakoni laga perdana melawan Laos, yang akan dihelat di Stadion Nasional Bukit Jalil, Malaysia.