| by | Filed under F1, Otomotif.

Formula One atau yang bisa dikenal dengan F1 adalah kelas balapan mobil formula dengan kursi tunggal yang mampu melaju hingga mencapai kecepatan diatas 300 km/h (185 mph) oleh mesin dengan tenaga sebesar 900 daya kuda. Juara dunia Formula Satu yang pertama adalah Nino Farina. Kejuaraan dunia pembalap F1 diadakan pertama kali pada 1950. Pembalap pertama yang menjadi juara dunia secara berturut-turut adalah Alberto Ascari, yang menjadi juara dunia pada musim 1952 dan 1953.

Kepopuleran F1 pada tahun 1990-an dimana FIA melarang mesin turbocharged tahun 1989 untuk membatasi kecepatan mobil yang semakin meningkat serta memperkenalkan alat bantu elektronik seperti power steering, traction control dan gearbox semi otomatis. Di era modern, beberapa pembalap Formula One telah memecahkan rekor. berikut pembalap F1 memegang rekor juara dunia F1.

  • Michael Schumacher

Awal tahun 2000 merupakan tahun dominasi Michael Schumacher dan tim Ferarri. Pada tahun 2001, Schumacher memecahkan rekor untuk kemenangan terbanyak; rekor sebelumnya dipegang oleh Alain Prost, dengan 51 kemenangan. Pada tahun 2002, Schumacher mencatat rekor klaim juara paling awal dengan menjuarai Grand Prix F1 Perancis 2002 pada bulan Juli tahun itu. Tahun 2003, Schumacher mengklaim gelar juara dunianya yang ke-6, mengalahkan pemegang rekor sebelumnya Juan Manuel Fangio yang memegang gelar juara dunia lima kali. Rekornya sekarang adalah 7 gelar juara dunia.

  • Sebastian Vettel

Pembalap yang baru-baru ini menjadi juara dunia F1 2012, merupakan pembalap termuda sepanjang sejarah Formula One. ketika Fernando Alonso memenangkan gelar juara dunia seri 2005 dengan finish pada tempat ke-3 di Grand Prix F1 Brasil 2005 dan juga memecahkan rekor juara dunia termuda menggantikan pemegang rekor sebelumnya Emerson Fittipaldi dari Brasil. Michael Schumacher sebelumnya memegang gelar juara dunia selama lebih dari 1.800 hari. Rekor ini kemudian dipecahkan Lewis Hamilton di musim 2008 dan dipecahkan lagi oleh Sebastian Vettel di musim 2010.

  • Juan Manuel Fangio

Juan yang memegang juara Formula Satu sebanyak 5 kali akhirnya harus dikalahkan dengan Michael Schumacher yang menjuarai F1 sebanyak 7 kali. Tetapi,  Juan Manuel merupakan pembalap tertua dan berhasil menjadi legenda yang mendominasi tahun-tahun pertama kompetisi Formula Satu. Juan Manuel Fangio mengendarai mobil Alfa-Romeo 159 ini untuk menjuarai seri tahun 1951.

28 pembalap berbeda telah menjadi juara dunia, dengan pembalap Jerman, Michael Schumacher memegang rekor untuk gelar juara dunia terbanyak yaitu tujuh kali. Schumacher juga memegang rekor untuk gelar juara dunia berturut-turut terbanyak yaitu lima kali dari musim 2000 sampai 2004.