| by | Filed under Bola, Dunia.

Wacana FIFA untuk segera menerapkan teknologi garis gawang pada setiap pertandingan sepakbola sepertinya akan segera terealisasi, yang mana pertama kali FIFA akan mempergunakan pada ajang Piala Dunia Antar Klub pada 6 Desember 2012 di Jepang dan selanjutnya dipakai pada World Cup 2014 di Brasil. FIFA memberitakan sudah mengeluarkan investasi sebesar US$2 juta untuk pengembangan teknologi tersebut. Sebenarnya teknologi tersebut sudah digunakan pada pertandingan tenis, rugby, dan kriket, pada pertandingan sepakbola baru pertama kali masuk untuk dipergunakan.

Dua perusahaan Hawk Eye dari Inggris dan Goal Ref dari Jerman akan bersaing dalam pemakaian sistem teknologi garis gawang ini. Hawk-Eye adalah sistem berbasis kamera 3 dimensi yang akan mengulang proses terjadinya gol, sementara GoalRef merupakan sebuah proyek yang menggunakan sensor magnetis untuk melacak bola khusus dan akan dibatasi oleh garis gawang khusus. IFAB (Asosiasi Federasi Sepakbola Internasional) sudah memastikan 17 peraturan di pertandingan akan terlindungi.

Sekjen FIFA menerangkan bahwa jika teknologi tersebut berjalan dengan sempurna maka tentunya akan digunakan pada Premier league dan liga champion eropa, meskipun UEFA keberatan dalam dipergunakannya teknologi tersebut. FIFA pun akan jajal teknologi garis gawang pada pertandingan perdana yang akan dihelat di Jepang.