| by | Filed under Bola, UEFA.

Dalam 1 dekade terakhir ini dua liga elit eropa yakni liga inggris dan Liga Spanyol telah menjadi pusat perhatian dunia pencinta sepakbola. Kedua liga tersebut merupakan liga yang paling banyak ditonton oleh dunia dan dua liga terbaik di dunia yang disiarkan kurang lebih dari 200 wilayah.

Seperti diketahui liga Inggris atau Premier League sebelumnya di sebut dengan F.A. Premier League yang sebuah kompetisi liga sepak bola profesional di Inggris yang merupakan kompetisi antar klub tingkat tertinggi di negara Inggris sedangkan liga Spanyol atau LA Liga adalah kompetisi tertinggi antar klub di negara Spanyol.

England Premier League (EPL) dan LA Liga (BBVA)

Dari Kedua kompetisi benua Eropa tersebut terdapat perbedaan yang cukup mencolok dan beberapa pemain, pengamat sepakbola bahkan presiden FIFA pun berpendapat demikian, berikut beberapa perbedaan LFP dan EPL diantaranya:

Gaya Bermain
Santi Cazorla, gelandang timnas spanyol yang saat ini bermain untuk Arsenal FC menerangkan ” bahwa di Spanyol penguasan bola lebih diutamakan sehingga serangan lebih konstan sedangkan di Inggris permainan bola lebih cepat, serangan ke gawang silih berganti”.

Persaingan Antara Klub
Jose Antonio Reyes, salah satu Striker Atletico Madrid mengungkapkan bahwa ” Untuk BBVA, Barcelona dan Real Madrid lah lebih dominan diranah Spanyol, untuk klub-klub lain sepertinya mustahil untuk bersaing dengan 2 penguasa negeri matador tersebut yang bisa mendatangkan siapa saja “.

Sementara untuk Primier League ” persaingan lebih kompetitif antara klub papan hingga atas, yang mana kompetisi lebih menjanjikan dan hasil yang tak terduga meskipun melawan tim sekuat Manchester United sekalipun atau Manchester City.

Pemain Klub
Pemain klub pun terlihat mencolok diantara kedua liga tersebut, untuk La liga sepertinya El Real dan Barca yang bertabur bintang sedangkan untuk EPL lebih merata antara MU, MC, Arsenal dan Liverpool.

Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa Liga Inggris lebih kompetitif sedangkan untuk LA Liga tak lebih atraktif.