| by | Filed under Mobil, Otomotif.

Sepertinya rencana pengalihan kendaraan konsumsi BBM ke listrik akan segera terealisasi. Menteri BUMN “Dahlan Iskan” secara resmi memperkenalkan produk terbaru mobil sport listrik anak bangsa yang mana sebelumnya ia juga telah mengeluarkan mobil listrik mini bus pada bulan Juli lalu.¬†

Kali ini ia memberi nama “Tucuxi” untuk jenis sport sekelas Ferari. Kendaraan buatan ITS, Danet Suryatama, putra bangsa yang pernah bekerja di Chrysler Amerika Serikat dipamerkan oleh Dahlan Iskan¬† di Senayan dengan mengitari stadion utama Gelora Bung Karno belasan kali dan menjadi tontonan masyarakat yang berada dikawasan tersebut.

Dalam perbincangannya dengan beberapa wartawan menerangkan “Pengembangan mobil dengan berbahan bakar listrik sudah mulai dikembangkan oleh pabrikan besar diseluruh dunia, jadi untuk kendaraan listrik kita akan mampu bersaing tapi mobil bensin kapan kita mau bersaing?” ujar Dahlan.

Tucuxi mempunyai krakteristik yang mirip dengan mobil sport buatan Eropa dengan warna body merah serta kabin yang relatif halus dan tidak berisik. Kendaraan ini mampu mencapai kecepatan 200 km/jam dengan daya tempuh maksimal sekitar 400 km jika beterai terisi penuh.

Yogyakarta adalah tempat untuk diproduksi massalnya kendaraan yang berharga miliyaran rupiah ini dengan membutuhkan tenaga kerja lebih. Tucuxi rencananya akan diluncurkan pada bulan Maret 2013 dengan harga 1,5 miliyar per unitnya. Berikut spesifikasi mobil Tucuxi Dahlan Iskan :

Barat Kosong : 1.112 kg
Baterai : Lithium Iron Phosphate or Nano-Lithium
Jarak jelajah: 321-482 km sekali isi baterai penuh
Motor : 200KW (268HP) Permanent Magnet AC
Waktu pengisian: tergantung sistem, bisa 4 jam
Kapasitas: 2 (+2) or 4 passengers
Kecepatan maksimum: 193 km per jam
Bodi: Aramid-Carbon Fiber Composite
Lebar: 1.995 mm
Tinggi: 1.200 mm
Jarak sumbu roda: 3.110 mm
Jarak bebas ke tanah: 150.9 mm