| by | Filed under Bola, Dunia.

Teknologi dan sepakbola bola nampaknya kini sudah tidak bisa terpisahkan baik dalam pertandingan maupun saat latihan. Untuk itu berikut tujuh teknologi sepakbola yang dipakai, dikembangkan dan akan digunakan kelak nanti.

Jam Referee Third Eye

Jam Referee Third Eye

Andy Kurovet  seorang desainer, membuat jam khusus untuk wasit sepak bola yang diberi nama Referree Third Eye yang dilengkapi dengan bluetooth sehingga asisten wasit hingga wasit cadangan bisa langsung mengirim sinyal jika terjadi Gol, offside atau pelanggaran. Hal ini dikarenakan wasit kontroversi keputusan yang kurang tepat.

Bola CTRUS

Bola CTRUS

Bola CTRUS adalah bola yang dilengkapi dengan kamera didalamnya sehingga dapat mengirim sinyal sehingga bisa mengirimkan sinyal pada perangkat khusus yang dikenakan wasit jikakalau telah terjadi gol. Tetapi Federasi sepakbola menolak menggunakannya dengan alasan akan merusak keindahan sepak bola.

Goal line_technology (GLT)

Goal line technology GLT

Teknologi Garis Gawang atau Goal line technology adalah perangkat elektronik yang bertujuan membantu wasit dalam menentukan keputusan gol.

M-Stasion

M-Stasion

M-Stasion merupakan produk dari Denmark yang terbuat dari stainless steel dan aluminium ringan, Permukaan string menghasilkan rebound maksimum bola. M-Stasion dirancang sebagai latihan sepakbola secara individu maupun perkelompok yang penggunaannya sebagai mengontrol bola, menyundul bola dan membantu kipper dalam latihan .

M-FRAME Oakley

M-FRAME Oakley

M-Frame adalah salah satu kacamata untuk berbagai jenis kegunaan dan kebanyakan dipakai oleh para olahragawan. Kacamata tersebut dipakai pada saat latihan oleh pesepakbola yang berguna untuk menfokuskan indra penglihatan pemain dengan mengaktifkan sensor blingkig.

The Footbonaut

The Footbonaut

Borussia Dortmund yang pertama menggunakan tempat berteknologi masa depan pelatihan dengan nama The Footbonaut, yang merupakan ruang 14 meter persegi dengan 64  kotak target atau sasaran bola yang di masukkan setiap dindingnya bagi pemain.

Micoach

Micoach chip

MiCoach adalah teknologi pertama sepatu pintar yang digunakan untuk mengetahui dan merekam statistik performa kecepatan, kecepatan maksimum, jumlah sprint, jarak, jarak berdasarkan waktu dan level intesitas secara akurat. Teknologi olahraga yang berasal dari Jerman ini banyak dipakai oleh pesepakbola, pemain tenis, atletik dan banyak lainnya. Memori miCoach dapat mencatat seluruh data pertandingan hingga 7 jam dan bisa ditransfer secara nirkabel ke tablet, PC, dan MAC.