by | Filed under Bola, Dunia.

Dalam dunia sepakbola, straiker adalah pemain yang sering mencetak gol di setiap pertandingan. Tapi tahukah anda, Kiper atau penjaga gawang yang sejatinya bertugas untuk menjaga daerah gawang agar tidak kebobolan ternyata bisa juga mencetak gol ke gawang lawan. untuk itu berikut 10 kiper/penjaga gawang dengan mencetak gol terbanyak dengan melaui penalty atau freekick :

1.   Rogerio Mucke Ceni

Mucke yang kelahiran 22 Januari 1973 telah bermain lebih dari 950 pertandingan sejak 1990 dengan mencetak lebih dari 100 gol yang dimana 45 golnya berasal dari tendangan Penalti dan 55 lagi dari tendangan freekick. kepiawaiannya dalam melakukan eksekusi freekick maupun penalti tersebut, Kiper berkebangsaan Brasil ini telah terdaftar dalam rekor FIFA dan IFFHS sebagai penjaga gawang dengan gol terbanyak sepanjang sejarah sepakbola.

2.   Jose Luis Chilavert

Luis Chilavert yang pernah mendapatkan penghargaan kiper terbaik dunia tiga kali dengan 8 golnya dipertandingan internasional. Dalam kanca dunia sepakbolanya, kiper yang bernama lengkap Jose Luis Felix Chilavert Gonzalez kelahiran 27 Juli 1965 di Luqueia, ia sudah menyumbang 62 gol yang 45 dari penalty serta 17 freekick kemudian ia menjadi kiper legendaris Paraguay.

3.   Rene Higuita

Bernama lengkap Jose Rene Higuita Zapata merupakan mantan penjaga gawang kolombia ini, selama sepanjang karirnya ia telah mencetak 41 gol. 37 gol berasal dari pinalti dan 4 gol dari pemain yang lain.  Kiper kelahiran 27 Agustus 1966 di Medellin, Barrio Castilla juga terkenal dengan Video aksi penyelamatannya yang spektakuler.

4.   Jorge Campos

Mantan pesepakbola Meksiko yang bermain sebagai kiper atau bisa bermain sebagai striker ini telah mencetak 40 gol selama karirnya dengan 31 dari gol tebanyaknya berasal dari se-Teamnya dan 9 gol penalty. Bernama lengkap Jorge Francisco Campos Navarrete lahir 15 Oktober 1966 di Acapulco mempunyai julukan El Brody atau Chiqui-Campos atau El Chapulín.

5.   Dimitar Ivankov

Terkenal dengan Eksekusi Penaltinya, Kiper yang lahir pada 30 Oktober 1975 mengawali karir sepak bola di Levski Sofia, Bulgaria dan Ia juga sempat berlaga di Liga Turki bersama Bursaspor di tahun 2010 kemudian berhasil menjadi juara Super Lig Turki. Ia telah mengemas 40 gol dan semua berasal dari tendangan 12 pas.