by | Filed under Otomotif, Tips Trik & Modifikasi.

Kendaraan tentu saja harus memerlukan perawatan, baik luar dalam pada kendaraan tersebut. Sebagai pengguna kendaraan roda dua, mesin adalah hal utama yang harus mendapat perhatian khusus. Kesadaran akan bagaimana perawatan yang baik agar hal- hal yang dapat mengurangi kualitas atau beforma terhadap mesin kendaraan kita tidak berkurang guna untuk menjaga harga jual kembali tetap tinggi.

Untuk itu bagi yang ingin melakukan perawatan terhadap mesin motor anda sendiri, sebaiknya baca bagaimana prosedur keamanan saat melakukan servis sendiri untuk menghindari hal yang tidak di inginkan. Berikut cara merawat mesin motor anda agar awet dan memperpanjang masa pakai terhadap kendaraan tersebut.

  • Gunakan Onderdill Asli

Penggunaan onderdill atau spare part asli dibagian mesin kendaraan sangat disarankan karena kualitas, keamanan dan daya tahan onderdill asli lebih baik  ketimbang yang imitasi guna ini menjadi salah satu faktor mesin kendaraan awet.

  • Penggunaan Oli

Oli yang merupakan minyak pelumas mesin sangat berperan penting dalam menambah atau mengawetkan usia pakai (life time) mesin. Sebaiknya lakukan penggantian oli secara berkala (teratur) dan hindari penggantian jenis oli.

  • Servis Motor

Servis motor biasanya dilakukan secara berkala seperti halnya dengan penggantian oli. Untuk melakukan servis kendaraan sendiri sebaiknya anda membaca prosedur keamanaan.

  • Gunakan Bahan Bakar Berkualitas

Kualitas bensin pada mesin kendaraan akan sangat berpengaruh terhadap acceleration yang efektif. Kami sarankan sebaiknya gunakan bahan bakar yang beroktan rendah dan ditempat pengisian yang dikelola oleh pemerintah.

  • Pemanasan Mesin di Pagi Hari

Oli akan mengental dalam cuaca yang sangat dingin atau jika mesin tidak dijalankan dalam waktu lama. Pemanasan mesin dipagi hari sangat perlu sebelum menggunakan kendaraan, ini akan membuat oli dalam mesin akan mengencer dan melumasi disetiap bagian dalam mesin motor anda. Tetapi anda tak perlu terlalu lama dalam memanaskan kendaraan ada cukup 1 sapai 3 menit saja, karena tingkat kekentalan oli sekarang 10/30, jadi tidak perlu kuatir akan mengentalnya oli jika mesin tidak hidup.

  • adm.biospeed

    satu lagi tips untk merawat mesin. gunakan nutrisi Bahan Bakar yang ramah lingkungan, mesin awet lingkungan juga bersih.. “Numpang Promosi”..

    http://www.bio-speed.in