| by | Filed under Otomotif, Tips Trik & Modifikasi.

Memasuki musim hujan yang berintensitas tinggi di sejumlah wilayah Indonesia, bagi pengendara wajib memperhatikan beberapa komponen kendaraan yang berperan penting sebelum melakukan perjalanan di waktu hujan. Curah hujan yang tinggi dapat mengakibatkan banjir diruas jalan yang dapat menyebabkan kemacetan dan mongoknya kendaraan.

Untuk itu ada beberapa hal yang perlu di perhatikan sebelum berkendara serta saat berkendara di jalanan untuk menghindari kecelakaan sebaiknya anda melakukan pengecekan komponen penting terhadap kendaraan anda sebagai berikut:

Persiapan Untuk Kendaraan

  • Pemeriksaan Pada Ban

Mobil atau Motor yang tidak memiliki kembang/Bunga pada ban, akan mengakibatkan kurang maksimalnya kendaraan dalam menghadapi genangan air. Meskipun alur ban yang berguna untuk agar mencegah terjadi selip tetapi juga berfungsi di saat hujan untuk menyalurkan air kesamping ban. jadi semakin banyak alur dan semakin banyak alur membuat ban anda jarang selip.

Angin pada ban juga sangat berpengaruh pada kondisi banjir, jadi coba lihat standar penggunaan tekanan angin pada buku pedoman sesuai spesifikasi ban yang anda pakai. Jangan lupa memeriksa penutup pentil untuk mencegah masuknya kotoran.

  • Oli Mesin

Sebaiknya anda juga memeriksa oli pada kendaraan anda, jika warna sudah mulai berubah menjadi putih susu sebaiknya segera gant oli mesin tersebut sebelum terjadi kerusakan yang lebih parah lagi akibat dari kondisi udara pada musim hujan yang banyak mengandung air dan genangan air.

  • Lampu

Pastikan sistem penerangan depan belakang kendaraan anda berfungsi dengan baik. karena jarak pandang pada waktu hujan sangat terbatas.

  • Rem

Pastikan sistem pengereman depan belakang berfungsi dengan baik guna seringnya kendaraan melakukan rem mendadak ketika terjadi kemacetan kendaraan.

Persiapan Untuk Pengendara

  • Jas Hujan

Bagi pengendara motor gunakan jas yang berukuran pas dengan tubuh guna untuk leluasa bergerak. Hindari jas yang berbentuk jubah karena sangat berbahaya bagi pengendara , selain sering terterpa oleh angin juga tak jarang yang sering tersangkut pada bagian rantai .

  • Helm

Helm yang merupakan faktor penting keselamatan juga pastikan anda memakai helm yang mempunyai kaca tidak buram karena jarak pandang yang terbatas.

  • Barang Bawaan

Membawa barang bawaan, pastikan yang mudah agar tidak mengganggun pada saat mengendara.

Setelah Mengendara

Periksalah bagian bawah kendaraan anda apakah terdapat kotoran berupa lumpur, rumut dan lainnya. Jika terdapat bersihkan atau bawalah ke dosmering atau salon mobil untuk melakukan perawatan kendaraan anda.