| by | Filed under Video, Video Bola.

Pep Guaardiola yang sukses menerapkan gaya bermain tiki taka selama 3 musim di barca telah menuai berbagai pujian di semua pegamat sepakbola. Tiki taka yang merupakan evolusi dari permainan total football dengan passing pendek dan pergerakan cepat serta finishing sempurna menjadikan gaya bermain ini sangat indah.

Dalam 5 tahun terakhir ini gaya bermain tiki taka yang paling sempurna adalah Barcelona FC. Dengan playmaker terbaik serta sang pengedor pertahanan “King Leo” menjadikan Klub ini terbaik di Eropa dan Dunia.

Meskipun permainan Tiki Taka Barca mempunyai ball possession yang bisa mengobrak-abrik pertahanan lawan serta 99% keakuratan dalam menjebolnya gawang lawan, harus mengakui sistem pertahanan gerendel Chelsea yang terbukti membuat permainan tiki taka Barcelona susah untuk menjebol gawang.

Pada ulasan semi final Champion 2011-2012 Leg 2 yang mempertemukan Klub Catalan “Barcelona” VS The Blues “Chelsea” merupakan pembuktian bahwa Catenaccio (Sistem Pertahanan Gerendel) khas italia adalah strategi terbaik dalam menghadapi gaya bermain tiki taka atau pun total football. Satu lagi pembuktian bahwa Strategi Catenaccio berhasil¬† yaitu pada kejuaran sepakbola antar negara eropa ” EUFA” 2012 yang diadakan di Inggris, mempertemukan juara piala dunia 2010 “Spanyol” melawan negeri Pizza “Italia dengan skor 1-1 pada pengisihan grub.

Berikut video flashback gol serta peluang semifinal liga champion leg ke-2 pada 2012 antara tiki taka Barcelona vs Pertahanan Gerendel Chelsea: