| by | Filed under Bola, UEFA.

Bebebera klub sepakbola Eropa maupun Dunia yang dinobatkan dengan status klub terkaya yang bisa mendatangkan pemain bintang seperti Cristiano Ronaldho dan Leonal Messi dengan gaji yang fantastis perpekan atau permusim, sebenarnya tidak hanya dilihat atau dinilai dari siapa pemilik klub tersebut, seperti Chelsea FC yang mempunyai Roman Abraham Movic asal Rusia dan  Syeikh Mansyur bin Zayed pemillik Manchester City ataupun pemilik PSG asal Qatar yaitu Nasser al-Khelaifi.

Berkembangnya sepakbola menjadi industri yang tumbuh begitu pesat dapat memenuhi penghasilan klub menjadi luar biasa dan juga membuat bebas membeli pemain yang mereka inginkan. Untuk itu berikut sumber pendapatan utama klub serta 10 klub dengan pendapatan tertingi di dunia:

    • Asal Pendapatan Utama:

1. Penjualan Tiket

Pendapatan yang paling dominan yaitu penjualan tiket pertandingan, apalagi didukung dengan kapasitas stadion yang bisa menampung pulahan ribu pendukung/sporter panatik.

2. Iklan dan Sponsor

Iklan dan Sponsor pun masuk dalam pendapatan yang cukup besar, sebut saja Barcelona FC yang mendapat sponsor dari salah satu perusahaan Qatar dengan nilai US$ 225 juta untuk kesepakatan berdurasi empat tahun.

3. Merchandise

Pendapatan dari hasil penjualan merchandise cukup besar. Merchandise yang berupa Jersey/kostum klub serta pernak-pernik lainnya merupakan sumber penghasilan klub yang cukup besar juga.

4. Hak Siar Televisi

Hak siar juga termasuk dalam salah satu sumber penghasilan klub apalagi mempunyai Liga atau pertandingan yang baik tentunya akan menaikkan hak siar dari pertandingan tersebut. Sebut saja klub MU dari BPL (liga Inggris) yang bisa mendapatkan keuntungan lebih dari £61,996 juta pertahun.

5. Ikutnya Klub di Liga Champion

Yang menjadi keuntungan dari ikutnya klub di liga champion yaitu UEFA yang memberi hadiah (prize money) untuk setiap klub mulai dari babak Play-Off sampai Juara.

6. Penjualan Pemain

Salah satu sumber penghasilan dari klub yaitu dengan menjual pemain hebat atau klub lain yang menginginkan pemain tersebut maka pihak klub bisa menjual dengan harga yang mahal.

  • 10 klub dengan pendapatan tertingi di dunia
  1. Real Madrid (Spanyol)  yang mencapai EUR 512.6
  2. Barcelona (Spanyol) yang mencapai EUR 483
  3. Manchester United (Inggris) yang mencapai EUR 395.9
  4. Bayern Munich (Jerman) yang mencapai EUR 368.4
  5. Chelsea (Inggris) yang mencapai EUR 322.6
  6. Arsenal (Inggris) yang mencapai EUR 290.3
  7. Manchester City (Inggris) yang mencapai EUR 285.6
  8. AC Milan (Italia) yang mencapai EUR 256.9
  9. Liverpool (Inggris) yang mencapai EUR233.2
  10. Juventus (Italia) yang mencapai EUR 195.4