| by | Filed under Bola, Dunia.

Dalam dunia sepakbola biasanya strategi attack full suatu klub sangat jelas kelihatan jika memakai formasi yang identik menempatkan tiga striker di lini depan namun terkadang di dalam jalannya permainan strategi ini tidak selamanya digunakan, jika suatu klub dalam keadaan bertahan tentu formasi ini pun kiat kali berubah/berganti. Untuk itu berikut ini adalah beberapa macam formasi yang biasa digunakan oleh klub-klub besar eropa:

  • Formasi 4-4-2

Formasi yang menempatkan 4 pemain sebagai bek dan 4 pemain tengah serta 2 penyerang, formasi tersebut biasanya lebih menekan pada bagian kedua sayap dan memberikan assist ataupun umpan kepada kedua straiker tersebut. Berikut jenis-jenis formasi 4-4-2:

  • Formasi 4-3-3

Formasi yang menempatkan menempatkan 3 orang sang straiker serta 3 pemain tengah dan 4 pemain bertahan biasanya ini merupakan jenis permainan total football serta Ball Possesion yang baik dan digunakan oleh pemain yang memiliki keunggulan atau kualiatas dari segi skill, fisik dan mental yang diatas rata-rata.

  • Formasi 4-2-3-1

Formasi yang mempunyai lini tengah yang solid dengan menempatkan 4 bek dan 2 pemain tengah bertahan serta 3 penyerang tengah plus 1 penyerang tunggal. Biasanya formasi ini sangat baik untuk melawan formasi 4-3-3, Berikut susunan formasi tersebut.

  • Formasi 5-4-1

Jenis Strategi berikut merupakan formasi yang sangat berhasil untuk melawan formasi 4-3-3, dengan menempatkan 5 bek serta 4 pemain tengah dan 1 penyerang tunggal, jelas akan mengandalkan defense dan counterattack.