by | Filed under AFC, Bola.

Titel sepuluh pemain termahal dunia memang masih jauh melampau, tetapi setidaknya untuk di tanah air sendiri pemain sepakbola kita masih mendominasi. Seiring dengan berubahnya sepakbola dunia menjadi sebuah industri, membuat persepakbolaan kita juga ikut berubah. Untuk itu berikut lima daftar pemain indonesia termahal :

Bambang Pamungkas

Bambang Pamungkas Timnas Indonesia

Bambang Pamungkas atau sering dipanggil dengan BP adalah seorang striker alami dan bisa menjadi playmaker. Pemuda kelahiran Salatiga, Jawa Tengah, 10 Juni 1980 mengawali karir internasionalnya sebanyak tiga kali yaitu bersama tim divisi 3 Belanda, EHC Norad serta tahun 2005 dengan  Selangor FC dan juga menjalani masa trial di Selandia Baru, klub Wellington Phoenix FC, sehinggga tak heran jika Bambang sering dipanggil untuk membela timnas. Jadi tak heran jika Persija Jakarta menghargai dengan 1, 37 M, sungguh harga yang pantas untuk seorang BP.

Irfan Bacdhim

Irfan Bachdim Timnas Indonesia

Bernama asli Irfan Haarys Bachdim ialah salah satu pemain sepak bola Indonesia keturunan Belanda dengan mengawali karirnya diakademi sepakbola Ajax Amsterdam selama 3 tahun. PSSI yang waktu memilih Irfan untuk masuk skuad timnas garuda untuk piala Piala AFF 2010 & membuat namanya terkenal. Persema Malang pun langsung merekrutnya bahkan dalam ia ikut salah satu klub Thailand bernama BEC Tero Sasana F.C. Tawaran Irfan kini bernilai 1.265 Milyar.

Cristian Gonzales

Cristian Gonzales (el-loco)

Cristian El Loco Gonzales, yah itulah sering dipanggilkan. Berawal karir di Indonesia bersama  PSM Makassar kemudian masuk inti Timnas Indonesia pada Piala Suzuki AFF 2010 membuat pemain asal Uruguay berharga 1.265 milyar. Sebenarnya pada tahun 2006 straiker kelahiran Montevideo, Uruguay, 30 Agustus 1976 menjadi pemain termahal Indonesia.

Ismed Sofyan

Ismed Sofyan

Kelahiran  Manyak Payed, Aceh Tamiang, 28 Agustus 1979, Ismed sering dijuluki spesialis freekick. Pemain dengan posisi bek kanan mampu menjadi seorang playmaker. Dengan harga 1.26 Milyar membuat sang spesialis tendangan bebas ini betah tinggal di Persija untuk jangka waktu lama.

Budi Sudarsono

Budi Sudarsono

Bergabung dengan klub Deltras Sidoarjo, Persija Jakarta, dan Persik Kediri kemudian bergabung bersama sriwijaya FC adalah seorang pesepakbola andalan tim nasional (timnas) Indonesia.  Pemuda kelahiran 19 September 1979 pernah berkarir bersama  PDRM (Polis Diraja Malaysia) dengan nilai kontrak sekitar Rp 800 juta selama 4 bulan dan saat bersama tim yang berjuluk jakabaring ia dihargai 1.25 milyar.