| by | Filed under Otomotif, Tips Trik & Modifikasi.

Sehabis menggunakan aksesoris modif untuk motor yamaha byson dan tampil cukup keren tetapi kurang puas dengan performa mesin yang masih standar karena kecepatan kurang kencang dan kurang bertenaga. Kali ini tips ala bang Ketut yang mengubah mesin byson secara simpel dengan meliputi selinder kop dan blok beserta isinya.

motor-yamaha-byson

Dalam menggubah kapasitas mesin yang bervolume 200 cc atau 222,8 cc, ini juga diikuti perubahan beberapa komponen lain untuk memaksimalkan daripada motor tersebut, berikut diantaranya:

Piston HI-Speed
Seher HI-Speed Mio merupakan pilihan pas tanpa harus mengubahnya lagi, ini dikarena memiliki diameter yang sama dengan milik byson yaitu 70 mm. Namun, hanya perlu melakukan pemapasan 1,5 mm di permukaan piston dengan jarak kedalaman 0,8 mm dari bibir selinder kop atas kata bang ketut.

Akan tetapi perubahan seher juga harus diikuti dengan boring dengan ruang bakar (liner) sesuai ukuran dari piston Mio HI-Speed yaitu diameter 70 mm.

Noken AS
Mengatur perangkat katup juga jadi bagian dari proses, guna untuk memaksimalkan buka-tutup klep agar lebih tepat. Pengatura katub-katub di dalam mesin dilakukan dengan durasi diangka 265 derajat dengan lift noken as 8,7 dan LSA 103 derajat. Jika buat harian, rasio komprensi 11:1 saja sudah cukup.

Per Klep
Per Klep perlu dipasang ganjalan dengan tebal 1,5 mm agar elastisitas lebih maksimal. Untuk per klep bisa memakai yang masih standar.

Klep
Katup perlu memakai payung lebih lebar dengan diameter 34 mm dan untuk in buang 28 mm yang panjang sesuai aslinya termasuk alur klip kunci. Untuk klep bang katut gunakan klep mobil avanza.

Porting
Jurus menghaluskan dan memperbesar lubang masuk (intake) & lubang keluar (exhaust) pada kepala silinder ini bertujuan untuk meningkatkan banyaknya campuran bahan bakar dan udara ke dalam & keluar ruang bakar. Namun, porting yang dilakukan hanya 0,5 mm.

Karbutaror
Karburator standar berventuri 26 diganti dengan PE28, yang mempunyai setting mesin yaitu pilot-jet 55 dan main-jetnya 122.

Knalpot
Menggunakan knalpot R9 karena sesuai dengan kebutuhan mesin, lebih daripada itu konstruksi dan variasi juga jadi pilihan.

Nah, sudah jelaskan tinggal praktein aja. Hasil Audit dari upgrade yamaha byson tersebut ternyata kecepatan maksimal mampu naik 50% dari sebelumnya.