| by | Filed under Bola, Dunia.

Tidak semua negara mempunyai lapangan sepakbola berada di ketinggi ribuan meter dari permukaan laut. Ini jelas membuat kondisi pemain cepat sesak napas dan staminanya habis, maka jarang ditemukan lapangan sepak bola berada diketinggian beribu meter di atas permukaan laut. Berikut ini dua lapangan sepakbola tertinggi di dunia :

Stadion Hernando Siles Suazo

Lapangan Sepak bola paling tertinggi di dunia

 

Berada ketinggiannya 3.637 meter di atas permukaan laut menjadikan lapangan ini paling tinggi di dunia. Stadion yang berada di daerah Miraflores, La paz Bolivia telah membawa keuntungan bagi tim tuan rumah jika menjamu tamunya.

Terbukti pada pertandingan Bolivia melawan Argentina, Messi yang kala itu membela tim Tenggo akhirnya kalah telak dengan score 6-1 serta pada saat Piala Dunia 2010 juga, tim samba Brazil yang bertandang ke Bolivia karus kalah dengan score 2-1 pada pertandingan di lapangan tersebut.

Pemain yang datang ke daerah Miraflores mengungkapkan bahwa kurangnya pasokan oksigen yang membuat stamina cepat habis karena berada di ketinggian ekstrim, namun FIFA menerapkan peraturan untuk melarang setiap tim yang melakukan uji coba pertandingan diatas ketinggian 2.500 meter.

Ottmar Hitzfeld

Lapangan tertinggi ke 2 di Dunia

Berada di Negara Swiss dekat pengunungan Alpen menjadi lapangan ini paling tinggi di benua Eropa dan tertinggi ke dua di dunia. Lapangan dengan ketinggian 2.000 meter dari permukaan laut menggunakan rumput buatan karena rumput asli tidak akan tumbuh di ketinggian tersebut.

Para pemain yang pernah merasakan bermain di stadion ini merasa seperti bermain di stadion San Siro, Milan atau stadion Bernabeu, Madrid. Namun, jika anda ingin bermain dilapangan ini sebaiknya menyiapkan bola lebih dari 10. Ini disebabkan bola yang keluar dari lapangan akan langsung jatuh kejurang pengunungan.

Karena letak lapangan yang tinggi dan dikelilingi oleh puncak gunung sehingga pemain yang ingin bertanding di lapangan ini harus menggunakan kereta gantung untuk sampai ke stadion Ottmar Hitzfeld.