| by | Filed under Mobil, Otomotif.

PT. KTB (Krama Yudha Tiga Berlian Motors) selaku distributor resmi kendaraan Mitsubishi di Indonesia dari Mitsubishi Motors Corporation (MMC) yang sudah meluncurkan produk passenger car pada tahun lalu dalam segmen dan varian SUV (sport utility vehicle) terbaru, yaitu Mitsubishi Outlander Sport dengan disertai dengan tagline “The Legend Meets Urban Soul”.

Mobil Terbaru Mitsubishi Outlander Sport 4X4

Kehadiran Outlander Sport di Indonesia mendapat keistimewaan dari Mitsubishi karena merupakan negara pertama di luar Jepang yang memproduksi mobil bervarian SUV,  4 penggerak ini. Mitsubishi outlander sendiri adalah inovasi untuk memperkuat pasar Mitsubishi di mobil jenis SUV setelah sebelumnya Strada Triton dan Pajero Sport Dakar.

Eksterior Mitsubishi Outlander Sport

Outlander memiliki desain eksterior mirip hatchback atau setengah citycar seperti mobil semi SUV lainnya. konsep Smart Size memudahkan bermanuver di daerah perkotaan yang sempit serta perpaduan Jet Fighter Front Grill dengan chrome frame plating dan material  berkualitas tinggi lainnya menjadikan Outlander Sport terlihat mengagumkan nan mewah serta sporty.

Suzuki SX4, Honda CR-V, Mazda CX-5 dan jenis crossover atau semi SUV lainnya adalah pesaing buat mitsubishi outlander sport 4×4, di perkotaan akan tetapi unggul dimedan berat/ offroad.

Interior Mitsubishi Outlander Sport

Demi kenyamanan berkendara, interior Mitsubishi Outlander dirancang terkesan elegan dan mewah yaitu seperti Jok dan panel pintu yang dibalut kulit, fitur lampu LED di bagian sisinya dan dapat diatur dalam tiga model intensitas cahaya (terang, medium dan redup), serta fitur magnesium paddle shift di belakang kolom setir dan tambahan panel meter kontras dan tombol start/stop mesin melengkapi sensasi berkendara.

Tak hanya itu, dari segi transmisi menggunakan otomatik CVT dengan paddle shift serta sistem penggerak Outlander 4wd, agar memudahkan pengemudi dalam memindahkan gigi secara manual.

Performa Mesin

Berbekal mesin standart 2000 cc, 2,0-liter MIVEC (Mitsubishi innovative Control Valve timing Electronic) adalah teknologi eksklusif ramah lingkungan yang  menyesuaikan  asupan  waktu  untuk kinerja  yang  optimal  diseluruh  rentang putaran  mesin serta DOHC 16-katup 4-silinder segaris, dengan tenaga maksimum 150 hp/6000 rpm dan torsi maksimum 197 Nm / 4200 rpm diklaim mampu  bermanuver lebih gesit dan lincah di segala medan.

Memiliki transmisi 5 kecepatan (transmisi manual) dan 6 kecepatan variable transmission, memiliki 3 modus transmisi (4wd lock, 4wd auto dan 2wd) yang dikontrol secara elektronik, menggunakan bahan bakar bensin dengan rasio konsumsi bahan bakar 13 km / 1 liter.

Jenis Varian

Mitsubishi Outlander Sport memiliki 3 jenis varian yakni Mitsubishi Outlander Sport PX, Mitsubishi Outlander Sport GLS, Mitsubishi Outlander Sport GLX. Perbedaan dari segi penampilan, ketiga varian Outlandder Sport ini tidak berbeda jauh.
Hanya dari dekat bisa diketahui. PX adalah varian paling top – menggunakan lampu HID atau xenon dengan autolevelling (lampu mengatur ketinggian sorotnya secara otomatis) dan panoramic glass roof. Sedangkan ukuran ban yang digunakan sama.

Pada interior, PX yang menggunakan transmisi otomatik CVT, dilengkapi dengan paddle shift, memungkinkan pengemudi memindahkan gigi secara manual. Sedangkan jok dan berlapiskan kulit hanya ada pada PX dan GLS, sedangkan GLX menggunakan fabric. Tambah lain pada PX, panel meter kontras dan tombol start/stop mesin.

Head unit dengan layar 7 inci 2DIN yang bisa memainkan DVD, CD, MP3, WMA, Radio AM/FM, koneksi USB, Bluetooth digunakan pada seluruh varian. Audio bisa dikontrol melalui tombol di setir. Kelengkapan audi lainnya, menggunakan 6 speaker, terdiri dari 4 speaker bas dan medium dan dua tweeter. Lainnya, berdasarkan brosur yang diterbitkan Mitsubishi sama, termasuk lampu kabut dengan pinggiran bezel dikrom. Sedangkan warna hanya lengkap untuk PX, tidak ada merah dan biru untuk tipe GLS dan GLX.

Fitur Keamanan

Ketiga jenis tersebut dilengkapi sistem keamanan aktif yaitu 4 anti-lock braking system (ABS), electronic brakingforce distribution (EBD) dan Brake Assist (BA). Perlengkapan keselamatan pasif adalah kantung udara untuk pengemudi dan penumpang depan serta pembebas pedal rem. Untuk yang terakhir, pedal rem akan melipat bila bagian depan mobil bertabrakan. Dengan cara ini, cedera kaki pengemudi bisa dicegah tanpa mempengaruhi kerja rem.

Harga Mitsubishi Outlander Sport Terbaru

Harga untuk Mitsubishi Outlander Sport setiap varian berbeda yakni mulai dari tipe PX yang dibandrol Rp.325.000.000, sedang untuk Outlander Sport tipe GLS dihargai Rp.306.000.000 serta untuk Mitsubishi Outlander Sport tipe GLX dibandrol Rp.289.000.000.

Untuk Lebih lengkap, berikut gambar bagian interior serta spesifikasi detail dari Mitsubishi Outlander Sport 4×4 semua tipe.

Mitsubishi outlander sport bagasi

Interior mitsubishi outlander sport

Mitsubishioutlander sport interior panel

Sunroof Mitsubishi outlander sport

airbags Mitsubishi outlander sport

DIMENSION & WEIGHT
Varian PX GLS GLX
Berat Kosong 1.435 kg 1.405 kg 1.365 kg
Panjang/Lebar/Tingi 4.295/1.770/1.625 mm
Jarak Antar-Sumbu Roda 2.670 mm
Jarak Terendah (Ground Clearance) 195 mm
Bobot
Dengan Muatan 1.970 kg
Radius Putar 5,3 meter
MESIN
Varian PX GLS GLX
Tipe 4B11NIVEC DOHC 16-katup, 4 Silinder Sebaris
Kapasitas 1.998 cc
Langkah x Diameter 86,0 x 86,0 mm
Tenaga Maks. 150 (110 kW) @6.000rpm
Trosi Maks. 20,1 kg-m (197 Nm) @4.200 rpm
Sistem Pasokan Bahan Bakar ECI Multi
TRANSMISI
Varian PX GLS GLX
Tipe CVT INVECS III dengan sport mode 5-Speed MT
Perbandingan Gigi 1 2,349-0,394 3,833
2 1,913
3 1,333
4 1,028
5 0,820
6
Mundur 1.750 3,583
Final 6.120
Ban Depan/Belakang/Serap 215/60-R17 96H, pelek alloy 17×6,5J
Rem: Depan Cakram berventilasi 16 inci
Belakang Teromol 16 inci