by | Filed under Mobil, Otomotif.

All New Kia Picanto yang merupakan varian baru dari seri Picanto pendahulunya kini hadir di pasar Indonesia dengan kode kendaraan KIA Picanto 1.2 dimana di seri ini ada beberapa penyesuaian dari segi exterior, interior serta spesifikasi mesin dimana bertujuan agar semakin kompetitif di pasar Tanah Air khususnya untuk masalah harga.

Khusus untuk pasaran Indonesia, memang untuk Fitur seperti sunroof, tombol Start/Stop, dan Electronic Stability Control, begitu pula dengan tombol audio di setir yang semuanya merupakan kelengkapan untuk pasar Eropa tidak dimiliki All New Picanto Indonesia. Namun demikian, diet fitur tersebut sama sekali tidak mengurangi daya tarik Picanto baru mengingat fitur yang sudah disematkan jauh lebih baik dibanding versi sebelumnya.

All New KIA Picanto 2013

Eksterior All New Kia Picanto
Konsep desain Tiger Nose yang diterapkan membuat Picanto generasi kedua ini terlihat begitu agresif dan berkarakter dengan garis tegas di sekujur bodinya menghasilkan impresi segar. Kesan Sporty bisa dilihat dari velg 14 inchi yang di balut karet hitam dengan type radial, mini spoiler yang ada di buritan.

Untuk bagian lampu, ada sedikit perubahan dari pendahulunya dimana lampu depan sekarang menggunakan lampu LED yang cukup besar, Headlamp bersudut lancip, ditambah lagi dengan dua buah fog lamp yang ada di bamper nya, dirasa cukup untuk menerangi jalan ditengah kegelapan, sedang untuk lampu belakang sekarang menggunakan LED yang tertata secara vertical

Jarak pijak roda depan dan belakang yang lebih lebar dibanding sang pendahulu Tepatnya lebih panjang 60 mm untuk bodi, dan melar 15 mm untuk wheelbase.  Sedangkan lebar dan tingginya sama dengan Picanto lama.

Sistem suspensi depan dibuat lebih lembut 12% dari sebelumnya, begitu pula dengan suspensi belakang yang kini 29% lebih empuk sehingga membuat bantingan Picanto baru terasa lebih lembut. Namun tak perlu khawatir soal stabilitasnya, karena berkat wheelbase lebih panjang, Picanto tetap meyakinkan saat dipacu kencang.

Interior All New Kia Picanto
Selain exterior, daya tarik Picanto baru juga datang dari interior, Artistik dasbor unik karena menganut desain asimetris. Ditandai oleh ventilasi AC penumpang depan yang lebih lebar dibanding milik pengemudi, adanya power window disemua jendela kecuali dipintu bagasi,  Lingkar setir juga tak kalah istimewa, Modelnya 2 spoke ala mobil balap, namun tetap nyaman dan fungsional untuk dipakai harian.

Karena dimensi tubuhnya lebih bongsor, Perubahan tersebut membawa dampak positif. Kabinnya semakin lapang terutama untuk ruang kaki, nyaman untuk 5 penumpang serta lebih stabil saat digunakan untuk bermanuver.

Mesin & Performa
Model baru All New Kia Picanto ini menggunakan sumber tenaga Kappa 1.248 cc dengan tenaga maksimum 87 dk dan torsi 120 Nm. Tampaknya dukungan teknologi dual katup variabel – Dual CVVT – sukses membuat mesin Kia yang berkapasitas kompak mampu memproduksi tenaga yang besar.

Girboks manual 5-percepatan yang digunakan pun bekerja dengan halus. Akselerasinya sigap namun tidak mengentak. Apalagi transmisi ini dilengkapi Eco mode. Sebuah fitur yang memandu pengemudi untuk memilih posisi gigi ideal untuk efisiensi bbm terbaik. Caranya dengan menampilkan panah perpindahan gigi di layar MID yang terletak di lingkup penal instrumen.

Lebih lengkapnya, berikut Spesifikasi All New Kia Picanto yang dipasarkan di Indonesia

Mesin
Mesin 1.248 cc 4 silinder, 87 dk
Torsi maksimum 120 Nm/4.000 rpm
0-100 km/jam 11,4 detik (klaim)
Konsumsi bbm tol 18,9 km/l (klaim)
Transmisi 5-spd manual/fwd
P x L x T 1.595 x 3.595 x 1.490 mm
Wheelbase 2.385 mm
Brakes
Front Disc
Rear Drum
Wheel Alloy Wheel 165 / 60 R14
Suspension
Front Mc Pherson Strut w/ Stabilizer & Dual Tube Gas Shock Absorber
Rear Torsion Beam w/ Gas Shock Absorber
Wheel Alloy Wheel 165 / 60 R14
Exterior
Door Handle Body Color
Radiator Grille Chrome
Rear Spoiler Optional
Outside Mirror Body Color w/ Electric Mirror
Side Repeater Lamp Standard
High Mounted Stop Lamp Standard
Front Fog Lamp Standard
Interior
Steering Wheel 2 Spoke
Instrument Panel Silver Painted
Odometer Digital w/ Trip Computer
Front & Rear Seat Head Rest Up, Down
Rear Seat 6:4 Split Back folding Standard
Material Cloth
Keamanan
Driver airbag Airbag quantity 2
Antilock braking system ABS Standard
Electronic brake distribution EBD Standard

Kelebihan

  • Karena dimensi tubuhnya lebih bongsor, Perubahan tersebut membawa dampak positif. Kabinnya semakin lapang terutama untuk ruang kaki serta lebih stabil saat digunakan untuk bermanuver.
  • Untuk keselamatan, Picanto baru sudah memiliki Rem yang dilengkapi dengan teknologi ABS, EBD dan BA, dimana ketiga teknologi rem tersebut sangat penting pada mobil keluaran baru yang mana ke tiga teknologi di atas (ABS, EBD dan BA) dapat mengurangi resiko terjadinya kecelakaan saat melakukan pengereman. Selain itu, tersedia juga fitur keselamatan airbag.
  • Hemat bahan bakar, Picanto dapat menempuh 20 km* hanya membutuhkan 1 liter bahan bakar

Kekurangan

  • Kemampuan antena radio dalam menangkap sinyal. Ketika kami melaju di dalam terowongan atau underpass,  saat itu juga siaran radio menjadi jelek atau bahkan tak ada sinyal sama sekali.
  • Harga jual kembali yang cukup rendah
  • Interior mobil yang cenderung minimalis, seperti tidak adanya LCD monitor dan lain sebagainya

Harga Kia New Picanto
Untuk harga, All New Kia Picanto di bandrol Rp 132 juta untuk Manual Transmission dan Rp 146 juta Untuk Automatic Transmission.

Dengan bodi lebih bongsor serta mesin lebih besar, All New Kia Picanto baru ini bisa dikatakan bukan lagi City Car melainkan  Small Hatchback.