| by | Filed under Otomotif, Tips Trik & Modifikasi.

Bicara mengenai tampilan yamaha Byson, tentunya terlintas dua kata yaitu moge dan garang (apalagi ditambahkan dengan aksesoris motor yamaha byson Modif). Namun, agak berbeda jika berbicara mengenai performa yang diberikan, terkait banyaknya penunggang si moge Yamaha ini mengeluhkan akan akselerasi dan dapur pacu yang sedikit manja.

lima cara sederhana dalam meningkatkan mendongkrak performa tenaga motor

Tergolong sebagai motor street fighter bermesinkan 153cc, 4 langkah, SOHC, 2 klep dan berpendingin udara ditambah dengan tipe transmisi 5 percepatan, memang banyak cara dapat dilakukan untuk upgrade performa byson, seperti Bore Up Yamaha Byson sampai 200cc/222,8cc.

Namun, ini terkesan berlebih apalagi membutuhkan waktu serta biaya tidak sedikit, bagi bikers  yang tak ingin bermain ribet dengan mesin, cukup dengan mengganti beberapa komponen berikut performa mesin Byson kamu dapat dicapai tanpa harus mengobrak-ambrik mesin. Berikut, 5 cara sederhana dalam mendongkrak tenaga yamaha byson:

Knalpot

Knalpot byson memang memiliki banyak lekukan dan kotak yang berisi catalytic converter sehingga daya hambat besar dari pembuangan hasil pembakaran. Secara fungsi katalitik ini terbilang bagus, karena dapat mengurangi emisi gas buang.

Solusinya adalah dengan mengganti knalpot bertipe free flow, kerena memiliki exhaust atau lubang buang knalpot yang besar sehingga memperlancar aliran proses pembuangan gas. Bahan kualitas kuat dan stainless steel dipercaya sebagai salah satu bahan yang optimal.

Pengapian (CDI)

Mengganti Cdi standart ( Limiter ) dengan Cdi racing ( Unlimiter ) dengan maksudnya agar kerja CDI atau Capacitor Discharge Ignitionitu ini mampu melayani putaran mesin sampai rpm berapa pun.

Koil

Sebagai perangkat penghantar dan penstabil arus listrik, koil juga harus diganti dengan kemampuan yang lebih tinggi. Serta bisa juga ditambahkan koil booster untuk membantu optimalisasi pengapian dari bawah hingga atas. Untuk model dan tipe bisa mengacu kepada toko aksesoris dan spare part motor kepercayaan bikers.

Karbutrator

Untuk karbu sebaiknya menggunakan model konvensional, karena dirasa jauh lebih responsive ketimbang karbu standart bawaan pabrik. Model skep konvensional yaitu Keihin PE 28 dirasa baik dengan tetap memakai intake manifold standar serta modifikasi karet yang menggunakan slang radiator mobil dan dipadukan dengan filter minim ala racing.

Spuyer

Pengaturan ulang pada Spuyer perlu dilakukan agar dapat ketemu kombinasi pilot jet 42 dan main jet 110.