| by | Filed under Otomotif, Tips Trik & Modifikasi.

Sepeda motor merupakan kendaraan yang paling populer di Indonesia sekarang ini. Meskipun banyak kalangan masyarakat belum cukup uang untuk membeli motor baru, memilih motor bekas sebagai alternatif. Terkait dengan itu, maka anda perlu jeli dalam membeli motor second.

Tips Motor Bekas Second

Jangan tertipu dengan suara mesin dan penampilan bodi yang mulus,  sehingga anda kepincut ingin langsung membelinya. Sebaiknya anda memperhatikan beberapa hal penting dibawah ini:

Cek Harga Pasaran
Hal ini perlu dilakukan untuk mematok harga rata-rata dari motor bekas tersebut. Untuk melihat harga dipasaran sebaiknya bersumber dari koran, majalah atau situs otomotif.

Cek Nomor Rangka dan Nomor Mesin
Sesuaikan nomor rangka dan mesin pada STNK maupun BPKB dan perhatikan apakah nomor rangka & mesin motor adalah asli dan bukan ketokan kasar, karna biasanya biasa penjual atau penadah motor curian mengubah no rangka dan mesin dengan cara di ketok. Untuk mengetahui letak nomor rangka & nomor mesin, motor Yamaha atau Honda.

Cek Kondisi Fisik
Periksa semua yang menempel pada motor apakah masih menggunakan parts orisinil. serta lihat kondisi body, spion dan baut apakah terlihat banyak goresan, kondisi retak ataupun pecah.

Cek Kondisi Oli
Periksa dan lihat apakah ukuran oli tidak berlebihan, karena jika berlebih maka akan membuat suara mesin jadi halus, sehingga dapat menyembunyikan suara asli motor yang mungkin berbunyi kasar atau berisik.

Cek Speedometer
Lihat dan pastikan agar tidak ada yang retak atau bekas pembongkaran pada speedometer dan jangan lupa untuk melihat berapa km-kah yang telah ditempuh. Karena jika diatas 20.000 km maka banyak sekali komponen mesin yang akan segera Anda diganti & tentunya ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Coba Hidupkan Mesin Motor
Untuk mengetahui kondisi mesin yang tidak bermasalah yaitu bisa stationer atau langsam juga pastikan tidak ada bunyi berisik atau kasar di dalam mesin.

Periksa Perpindahan Gigi
Pada saat test drive, coba rasakan perpindahan gigi apakah terasa sulit atau tidak. Jika sulit, itu berarti kampas kopling motor tersebut akan segera habis. Satu lagi yang perlu diperhatikan yaitu jika terdengar suara suara mendesir pada saat motor berjalan, ada kemungkinan gigi primer akan segera habis.

Cek Rangka/Sasis Motor
Pastikan kelurusan roda motor depan dan belakang dan tidak ada kebengkokkan serta pada saat test drive, coba tekan rem sedikit mendadak untuk mendeteksi lurusnya sasis atau kekocakan pada poros setang atau setir.

Cek Kondisi Kelistrikan
Pastikan lampu motor depan, lampu sein, lampu rem belakang, klakson, lampu speedometer atau elektrik stater motor berfungsi dengan baik.

Cek Kondisi Roda
Pastikan kelurusan serta tidak ada kebengkokan pada kedua pelek depan belakang.

Test Drive
Tahap akhir ini berguna, apakah anda terasa nyaman dengan motor tersebut atau tidak, dan pastikan akselerasi ataupun handlingnya tidak ada kelainan.