| by | Filed under Bola, Dunia.

Dalam dunia sepakbola, suporter adalah pemain ke-12 yang selalu memberi semangat, dukungan dan kekuatan dalam berbagai ekspresi untuk bagi tim favoritnya. Meskipun suporter yang demikian, terkenal akan fanatik terhadap timnya tetapi mereka bisa menunjukkan sisi positif dalam mendukung klub kebanggaannya.

Berikut ini, lima suporter klub sepakbola yang menunjukkan kreatifitasnya melalui banner atau bendera raksasa yang dapat di acungkan jempol meski masih banyak yang lain dan belum masuk dalam daftar bolaotomotif.

5.   AC Milan

banner fans suporter sepak bola AC Milan
Fans AC Milan menggantarkan pesan “Kalian sedang dilihat oleh Si Iblis”, kepada tim lawan lewat banner yang menggambarkan wajah dari sang Iblis sedang meneropong.

4.   Nacional

banner fans suporter sepak bola Nacional
klub Uruguay, Nacional patut di acungkan jempol meski bukan sesuatu yang tergolong super kreatif tetapi bendera dengan berukuran 600 x 50 meter yang langsung memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh sang rivalnya, Penarol.

3.   Rusia

banner fans suporter sepak bola Rusia
Gambar seorang kesatria atau mungkin gladiator berukuran raksasa muncul ketika Rusia menghadapi tuan rumah Polandia pada Euro 2012 lalu dengan bertulis “This is Russia”, dengan menimbulkan pertanyaan, bagaimana bendera berukuran raksasa itu bisa masuk kedalam stadion dengan keamanan standar yang melarang bendera sebesar itu masuk ke stadion.

2.   Galatasary

banner fans suporter sepak bola galatasary

banner fans suporter sepak bola tim asal turki
Fans asal Turki ini, memang mempunyai kreatifitas yang luar biasa. Banner dengan gambar singa dan sosok pelatih membuat tim tamu terkagum-kagum.

1.   Borussia Dortmund

banner fans suporter sepak bola Borussia Dortmund

banner fans suporter sepak bola dortmund
Suporter Dortmund memang mempunyai banyak sekali memunculkan kreasi, salah satunya yaitu gambar sosok orang yang tengah melihat menggunakan teropong. Tak hanya itu, Banner dengan gambar tengkorak bajak laut sering juga terlihat pada pertandingan. Mungkin di Bundes Liga, supporter Dortmund-lah yang paling kreatif.