by | Filed under Bola, UEFA.

Berlangsung di Singal Iduna Park (24/4/2013), El Real yang datang dengan kepercayaan tinggi dalam melakoni laga tandang melawan Dortmund. Namun, nampak pasukan hitam kuning tampil superior dengan kembali membenamkan mimpi tim kedua Spanyol tersebut. Sama-sama menerapkan permainan menyerang, Madrid harus kembali mengakui kehebatan Borussia untuk ketiga kalinya dengan skor telak 4-1.

Review Pertandingan: Tensi tinggi mewarnai jalannya pertandingan di babak pertama, Los Blancos yang bermain terbuka harus tertinggal lebih dulu. Yakni lewat gol dari Robert Lewandowski di menit ke-7, hasil umpan silang Mario Goetze dari sisi kiri dan diteruskan oleh Lewandowski dengan sambaran jarak dekat yang menggetarkan gawang Madrid.

Di menit 43, Madrid menyamakan kedudukan, yakni lewat aksi C. Ronaldo yang di eksekusi  dalam kotak penalti berkat umpan mendatar Gonzalo Higuain. Skor imbang 1-1, menutup kick-off babak pertama.

5 menit setelah babak kedua dimulai, Lewandowski kembali membawa Dortmund memimpin. Reus memberi umpan terobosan , lalu penyerang asal Polandia itu melakukan tendangan jarak dekat hingga tak mampu dibendung oleh Diago Lopez, Papan skor berubah 2-1 untuk Dortmund.

Lewandowski mencetak hattrick-nya di menit 55, dengan menguasai bola liar di kotak penalti memperdaya Pepe sebelum melepaskan tembakan ke pojok atas gawang.

Pada menit ke-65, penyerang asal Polandia itu melengkapi Quattrick-nya setelah sukses mengeksekusi tendangan finalty dengan dipilihnya sebagai eksekutor dan menjalankan tugasnya dengan sempurna. Finalty ini terjadi lewat pelanggaran Xabi Alonso terhadap Reus di kotak penalti, skor 4-1 Dortmund jauh memimpin.

Hingga peluit dibunyikan, tanda berakhirnya babak kedua skor 4-1 pun tidak berubah, dengan hasil ini Dortmund pun punya modal bagus dalam melakukan lawatannya ke  Santiago Bernabéu, 1 Mei mendatang. Alhasil dari leg 1 semifinal liga champions ini, 2 klub Spanyol tumbang di rana Jerman.

Susunan Pemain

Borussia Dortmund: Weidenfeller; Piszczek (Grosskreutz 83′), Subotic, Hummels, Schmelzer; Guendogan (Schieber 90+2′), Bender; Blaszczykowski (Kehl 82′) Goetze, Reus; Lewandowski

Real Madrid: Diego Lopez, Ramos, Varane, Pepe, Coentrao; Alonso (Kaka 80′), Khedira; Modric (Di Maria 72′), Oezil, Ronaldo; Higuain (Benzema 70′)