| by | Filed under Motor, Otomotif.

Indonesia yang kian akrab dengan motor sport, akhirnya dapat berlega hati setelah PT MAI (Moto Arte Indonesia) sudah menyiapkan pabrik untuk merakit MV Agusta di Cibitung. Sebelumnya November 2012 lalu, PT MAI telah mendatangkan beberapa model MV Agusta yaitu Brutale 675, Supersport F3 675, Superbike F4R, dan Superbike F4RR.

tiga mv agusta indonesia

Namun pada tahun 2013, MAI akan menambah tiga model lagi yang kesemuanya akan dirakit di Indonesia. Ketiga model tersebut adalah Brutale 800, Brutale 1090, dan Superbike F4RR. Perakitan di Indonesia tentu saja akan berpengaruh terhadap harga jual yang terbilang murah.

Dengan mengimpor bagian-bagian sepeda motor dalam bentuk komponen, ternyata bisa menurunkan harga jual MV Agusta di Indonesia yang jauh lebih murah sampai Rp 100 juta lebih! jika langsung mendatangkan dari negeri asalnya, menurut Yahya Adi Nugroho, Direktur MAI.

Namun, MAI tak bisa memenuhi permintaan besar konsumen, Disebab MV Agusta adalah salah satu merek yang merakit produknya dengan tangan (hand made) sehingga pasokan dari Italia juga terbatas dan menyebabkan produksi di Indonesia juga seadanya.

Perakitan akan mengikuti berdasar pengiriman komponen dari Italia dengan pengerjaan satu unit sepeda motor maksimal dua hari. Meski MV Agusta masih pemain baru di tanah air, setidaknya DNA motorsport sudah melekat pada sisi Moge Italia ini.