| by | Filed under Bola, UEFA.

Keputusan Sir Alex untuk meninggalkan kursi kepelatihan Manchester United sungguh mengejutkan publik. Ferguson yang sudah 27 tahun melatih Red Devils terbilang fantastis dengan banyaknya prestasi yang diraih dan semua pelatih di Liga Inggris belum mampu mengikuti rekor dari Sir Alex.

Pria Skotlandia berusia 71 tahun ini nantinya akan menjadi direktur sekaligus duta besar Manchester United. Fergu pun akan secara resmi mundur dari jabatannya usai laga kontra West Bromwich Albion, 19 Mei mendatang. Suksestor MU ini, menutup karir kepelatihan dilaga ke-1500 dengan menggumpulkan 38 gelar buat tim berjuluk tim setan merah.

Siapakah yang pantas menggantikan sosok manajer paling sukses di sepakbola Ingggris ini? Apakah penggantinya nanti dapat mengikuti jejak dari Fergu. Berikut dua nama kandidat paling kuat yang dapat menggantikan sosok Sir Alex Ferguson dengan krakter yang hampir sama.

Jose Mourinho


Pelatih asal Portugal ini merupakan kandidat terkuat untuk mengisi kursi kepelatihan setan merah. Sederet prestasi pun sudah menjadi pembuktian bagi The Special One meski Ia dianggap boros dalam berbelanja pemain. Namun perkataannya, “bahwa publik Inggris lebih menyukai saya” menjadi tanda tanya besar dan paling kuat berada dalam pantauan MU, apalagi keengganan Roman Abramovich menebus klausul pembelian The Special One bisa memberi ruang untuk United.

David Moyes

Moyes yang sekarang menjadi manajer dari Everton masuk dalam calon terkuat untuk mengisi kursi kepelatihan MU. Meski belum punya catatan memenangi trofi besar, namun ia menjadi favorit Ferguson dengan menyebutnya punya semua kemampuan untuk mengambil alih jabatannya di Old Trafford. Melihat pengembangan pemain usia muda yang diterapkan Moyes menjadi salah satu alasan Ferguson dalam merekomendasikan pelatih Everton tersebut, selain berasal dari negara yang sama.

Namun terkait itu semua, pihak Man Utd belum mengeluarkan pernyataan resmi tentang siapa pengganti Ferguson! Akan tetapi,  para media-media Eropa gencar memberitakan kedua pelatih bakal ke MU. Kita tunggu saja?