| by | Filed under Otomotif, Tips Trik & Modifikasi.

Seorang pemilik kendaraan baik sepeda motor, mobil, truk ataupun kendaraan dengan roda banyak mempunyai kewajiban membayar pajak, sehingga memperpanjang pajak kendaraan bermotor menjadi bagian penting dalam suatu kendaraan. Mungkin bagi sebagian orang yang kurang mengetahui prosedur membayar pajak, ada momok bahkan pikiran bahwa membayar pajak ribet dan susah, berujung pada penggunaan jasa calo.

STNK & BPKB

Untuk itu tips dan trik ini bisa menjadi acuan bagi anda jika ingin mengurus perpanjang pajak kendaraan bermotor (sepeda motor & mobil), berikut langkah-langkahnya:

  1. Sebelum ke kantor Samsat siapkan STNK, BPKB dan KTP Asli serta fotokopi ketiganya sebagai berkas lampiran dan bungkus dengan menggunakan Map khusus.
  2. Setiba dikantor Samsat, serahkan map sebagai berkas permohonan perpanjang pajak STNK ke loket penyerahan.
  3. Silakan menunggu sampai nama Anda dipanggil petugas kasir pajak.
  4. Setelah itu, Anda akan diberi slip pembayaran pajak yang telah tercantum biaya pajak yang anda akan bayar.
  5. Setelah selesai membayar pajak, kemudian anda akan memperoleh bukti pelunasan yang langsung diminta menuju ke loket pengambilan STNK.
  6. Lalu, tunggu sampai nama Anda dipanggil bertanda selesai.
  7. Untuk perpanjangan pajak STNK lima tahunan, setelah selesai proses pembayaran pajak STNK, bawa bukti pembayaran pajak tersebut ke loket pengambilan TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) untuk mengambil plat nomor yang baru.

Proses perpanjangan pajak STNK tahunan dapat dilakukan di Samsat keliling, Gerai Samsat dan di Kantor Samsat setempat dengan melengkapi berkas lampiran pertama yang prosesya lebih cepat dan mudah. Sedangkan untuk lima tahunan membutuhkan waktu lama jadi umumnya hanya bisa langsung ke kantor samsat.