| by | Filed under Bola, UEFA.

Kompetisi sepak bola terbaik Eropa masih menempatkan liga Inggris sebagai kompetisi terbaik, kemudian LA Liga diurutan kedua dan Seri A diposisi ketiga, namun pada musim depan Bundesliga akan menggeser posisi Seri A ditempat ketiga. Lolosnya dua tim Bundesliga yaitu Bayern Munchen dan Borussia Dortmund di Final Liga Champions 2012/13 mengangkat kualitas liga Jerman.
Bundesliga
Premier League memang masih menjadi kompetisi terbaik di Eropa saat ini dengan memiliki nilai pasar yang tinggi dan liga terbaik meski tak satu pun tim wakil Inggris lolos di partai Final Liga Champions pada musim ini. Namun, pada musim depan sebagian mata pecinta sepakbola akan tertuju kepada Bundesliga, dimana bursa tranfer pelatih & pemain terbaik akan menuju ke rana Jerman.

Masa krisis klub Bundesliga yang menimpah beberapa tahun terakhir kini mulai membaik. Investasi yang dibuat DFB dari 10 tahun lalu seperti infrastruktur serta pelatihan bagi para pelatih dan pemain terbayar lunas membuat liga berkembang secara cepat dan dapat bersinar dikanca Eropa.

18 tim yang berkompetisi di Bundesliga menjadi salah satu faktor liga karena mempunyai waktu jedah yang baik bagi klub dalam berkompetisi di Eropa. Deutscher Fussball-Bund (DFB) yang mendukung klub menggunakan pemain muda kunci kesuksesan tim Bundesliga dalam mencuri perhatian dunia.

Seperti yang diungkapkan Bierhoff, “Bangkitnya Jerman tidak lepas dari pemain berkualitas yang dimiliki kami sama seperti para pelatih dan jajaran direksi yang ingin memajukan sepakbola Jerman.”