| by | Filed under Bola, UEFA.

Chelsea kembali membuktikan bahwa Ia masih tim terbaik di Eropa setelah berhasil menumbangkan Benfica dengan skor 1-2 di Amsterdam AreNa, Kamis 16 Mei dinihari WIB. Ialah, gol Branislav Ivanovic di masa injury time yang membuat The Blues menjadi juara Europa League 2013. Dengan ini Chelsea pun, merupakan kali pertamanya meraih trofi kompetisi terbesar kedua di Eropa setelah musim lalu memenangi trofi Liga Champions.

UEFA Europa League

Review Pertandingan
Dihelat di Amsterdam AreNa, Kamis (16/5/2013) dinihari WIB, Benfica langsung mendominasi jalannya pertandingan dibabak pertama dengan unggul 54 persen penguasaan bola. Terbukti, tim asal Portugal tersebut berhasil melesatkan 17 tendangan dengan 11 on goal sedangkan The Blues cuman melakukan 11 tendangan dan tujuh shot on target. Meski begitu kedua tim harus bermain imbang tanpa gol di 1 X 45 menit babak pertama.

Usai turun minum, Chelsea membuka keunggulan dibabak kedua tepatnya di menit 59 lewat gol Fernando Torres yang berhasil memenangi duel dengan Luisao, kemudian berhadapan langsung dengan Artur lalu mengecohnya yang membuat si kulit bundar bersarang kegawang Benfica. Skor 0-1, The Blues unggul.

Di menit 68, Benfica menyamakan kedudukan lewat penalti Cardozo lewat handball Cesar Azpilicueta. Cardozo yang mengambil eksekusi penalti tersebut diselesaikan dengan dingin yang membuat Piter Cech terkecoh, Skor jadi imbang 1-1. Kedua tim mendapatkan peluang emas di menit 81 dan 87, namun tak membuahkan gol.

Dimasa Injury time, tepatnya dimenit 92 ketika Juan Mata yang melakukan korner berhasil diteruskan Ivanovic lewat tandukan ke pojok kiri gawang yang buahkan gol penentu kemenangan buat Chelsea. Skor pun tak berubah 2-1 hingga babak kedua berakhir dengan ini Chelsea pun berhak atas trofi Liga Europa.

Susunan Pemain

Benfica: Artur; Almeida, Luisao, Garay (Jardel 78′), Melgarejo (Lima 66′); Salvio, Perez, Matic, Gaitan; Rodrigo (Ola John 66′), Cardozo.
Chelsea: Cech, Azpilicueta, Ivanovic, Cahill, Cole, David Luiz, Ramires, Lampard, Oscar, Mata, Torres.