| by | Filed under Bola, UEFA.

Para pelatih dan pemain sepakbola yang telah hampir mengabdikan seluruh hidupnya dalam dunia sepakbola kata “Perpisahan” bukanlah situasi yang tidak diharapkan oleh siapa saja. Di tahun 2013 ini, sejumlah nama pelatih dan pemain sepak bola mengambil keputusan yang tidak di duga sebelumnya untuk mengakhiri karir dari dunia sepakbola dengan begitu cepat dengan berbagai cerita.

Seperti keputusan Sir Alex Ferguson untuk mengakhiri karir kepelatihanya yang mengejutkan banyak pihak, namun bukan hanya Sir Alex yang memilih tahun ini sebagai tahun terakhir aktif di lapangan hijau, masih ada sejumlah nama lain yang cukup dikenal. Siapa saja mereka? Berikut Aktor lapangan hijau top Eropa yang memutuskan untuk mengakhiri karirnya di tahun 2013.

Paul Scholes


Scholes yang usai mengantar United meraih gelar 20 Premier League akan turut menamani sang manajer untuk pensiun di akhir musim 2012/2013. Paul Scholes sempat memutuskan pensiun pada pertengahan 2011, namun Ia mengurungkan niatnya dan kembali lagi di awal tahun 2012.

Mark van Bommel


Van Bommel pensiun dengan berserangam PSV Eindhoven, tetapi gelandang asal Benlanda tersebut menutup karirnya dengan cara buruk yaitu menerima kartu merah saat PSV bertandang ke FC Twente.

Michael Owen


Owen resmi pensiun diakhir musim ini dengan klub terakhirnya Stoke City dengan berhasil membawa klub berjuluk The Potters ke posisi 13 musim ini.

Michael Ballack


Di usia 36 tahun, Michael Ballack menutup karir sepakbolanya dengan sejumlah nama klub besar Eropa diantaranya Bayer Leverkusen, Bayern Munich dan Chelsea.

Andriy Shevchenko


Pensiun di usia 35 tahun, Andriy Shevchenko mengawali karir barunya di dunia politik. AC Milan menjadikan Ia striker yang tak tertandingi kala itu hingga Chelsea pun merekrutnya dan akhirnya kembali ke klub terakhirnya Dynamo kiev.

Jupp Heynckes


Kali ini merupakan perpisahan termanis sekaligus mengharukan buat Jupp Heynckes bagi tim Bavarians setelah tiga priode menangani Munchen, baru musim ini selangkah lagi pria berumur 68 tahun mengakhiri karirnya dengan gelar treble winner.

Alex Ferguson


Ferguson menutup karirnya dengan sejumlah gelar buat United yang dipersembahkannya selama 26 tahun dan menjadikan pelatih tersukses di liga Inggris. Manchester United memilih David Moyes sebagai pelatih baru untuk musim depan.

David Beckham


Beckham merupakan icon era sepak bola modern yang cukup penomenal dengan satu-satunya pemain inggris mempersembahkan 4 gelar trofi klub di empat Negara berbeda. PSG adalah klub terakhir bagi pemain berusia 38 tahun dengan berhasil membawa juara liga Prancis musim ini.