| by | Filed under Bola, UEFA.

Bayern Munchen mempunyai jalan baik dalam menuju partai final Liga Champions untuk ketiga kalinya di 5 tahun terakhir, meski anak asuh Jupp Heynckes melakukan start lambat di fase grup hingga dapat tampil konsisten di fase berikutnya dan akhirnya bertemu Dortmund di partai puncak.

FC Hollywood di liga champions musim ini memang terbilang tampil impresif  dengan membukukan sembilan kemenangan dan menuai dua kekalahan serta satu hasil imbang di 12 pertandingan selama kompetisi digelar, menjadikan Bayern tim yang cukup disegani bagi lawan.
FC Bayern Munchen Logo
Terlepas dari itu semua bertemu Die Borussen di final liga champions, De Bavarian punya sejarah buruk di partai final selama 3 dekade terakhir yaitu hanya menempati posisi ranner up sejak musim 1981-1982. Meski cukup diunggulkan di laga ini, sejarah kelam Bayern di final masih membanyangi. Dimana pada musim lalu, Munchen harus menelan pil pahit difinal liga champions setelah takluk dari Chelsea lewat adu pinalti dikandang sendiri.

Kekalahan tragis De Bavarian di laga final Champions tak hanya itu, sejarah buruk Munchen sudah dimulai pada tahun 1982 saat Aston Villa mengalahkannya dengan skor tipis 1-0 dan 5 tahun berselang tepatnya pada tahun 1987 Munchen kembali menelan kekalahan menyakitkan 2-1 dari FC Porto.

Ditahun 1999, skor 2-1 kembali terulang saat bertemu Manchester United hingga dua tahun kemudian Munchen kembali kalah lewat adu pinalti dari Valencia. Lalu musim 2009-2010 kembali kalah telak 2-0 dibawah anak asuhan Mourinho kalah masih membesut Internazionale dan dimusim lalu oleh Chelsea lewat adu pinalti.

Bertajuk Del Klasikers dan sejarah baru “All German” di Final Liga Champions 2013, akankah Bayern Munchen dapat menghapus catatan buruk di Negeri Ratu Elizabeth jika berada di partai final kompetisi elit nomor satu benua biru tersebut. Baik tuk di tunggu!