| by | Filed under Otomotif, Tips Trik & Modifikasi.

Ada beberapa yang merekomendasikan agar memakai ban tubeless karena fungsinya lebih baik dan efisien. Sebagian orang juga sering salah menafsirkan tentang ban tubless yang tidak bisa bocor? yang benar adalah ban tubeless tidak langsung kempes atau tahan bocor kalau terkena ranjau, jika sudah demikian sebaiknya langsung dibawa ke tukang tambal ban.
Ban IRC RX 01 dan Ss 530 sp
Jika anda pemilik sepeda motor yang ingin memakai ban tubless, mungkin ada baiknya memahami penggunaan ban tubeless sebagai pertimbangan sebab jangan sampai merugikan. Berikut tips tepat pemakaian ban tubeless sepeda motor:

Jenis Sepeda Motor
Sepeda motor jenis bebek atau skutic lebih cocok menggunakan ban biasa ketimbang ban tubless. Sebab bobot tubeless yang sedikit lebih berat dari ban biasa sehingga dapat mengurangi performa motor, beda sama motor sport yang mempunyai tenaga lebih besar.

Jenis Pelek
Ban tubeless hanya bisa digunakan pada pelek racing dan penggunaan akan lebih baik jika tapak pelek tersebut sedikit lebar, Jika pelek jari-jari hanya bisa ban biasa.

Lokasi Penggunaan
Ban tubeless yang mempunyai struktur lapisan karet tebal dan padat sangat cocok dipakai di perkotaan dengan jalan mulus, sering melewati jalan rusak atau tidak rata dapat menyebabkan pelek dan ban cepat rusak karena benturan.

Harga
Ban tubeles memiliki harga yang lebih mahal yaitu untuk ukuran 70/90-14 dibandrol Rp 155 ribu sedangkan ukuran 90/80-17 Rp 216 ribu. Jadi, jika tak terlalu menjadi kebutuhan mungkin ada baiknya menggunakan ban biasa kerena mempunyai nilai hampir sama selain murah, lebih awet dan lincah, meski harus waspada ketika tiba-tiba ranjau paku menyerang.

Namun terlepas itu semua tentunya kembali kepada anda sendiri walaupun tidak ada salahnya mencoba ban tubeless.