| by | Filed under Bola, UEFA.

FC Hollywood berhasil menjuarai Liga Champions 2013 usai menaklukkan Borussia Dortmund dengan skor 2-1 dipartai final yang diadakan di Wembley Stadium, Minggu (26/5/13) WIB.

Liga Champions

Babak pertama dimulai, Borussia Dortmund langsung menguasai jalannya pertandingan dengan berinisiatif sedikit lebih menekan pertahanan Munchen, peluang didapatkan pada menit ke 9 lewat sepakan keras Jakub Blaszczykowski hanya saja bola masih melambung jauh dari gawang.

Berikutnya, Robert Lewandowski hampir saja mendapat gol pembuka dimenit 13 melalui sepakan kerasnya tapi dapat mampu ditepis oleh kipper Munchen. 45 detik berselang lewat sepak pojok, kini giliran Bittencourt yang nyaris membuat gol namun Manuel Nauer kembali melakukan penyelamatan sempurna.

15 menit jalanya pertandingan, Die Borussen masih menguasai ball position hingga di menit 17 dan 20 Dortmund menghasilkan sejumlah kans akan tetapi kesigapan Nauer dibawah mistar gawang mampu menyelamatkan beberapa peluang.

Pada menit 25, Mario Mandžukić nyaris membuat gol pembuka Bayern tetapi lewat tandukannya, namun bola bisa ditepis oleh Roman Weidenfeller. Menit 29, Arjen Robben yang berhadapan satu lawan satu dengan kipper Dortmund akhirnya membuang kesempatan emas itu setelah Arjen yang ingin mengecoh Weidenfeller tak berhasil dan hanya menimbulkan sepak pojok.

Kejadian serupa Arjen kembali terulang dimenit 34, namun kali ini oleh Lewandowski. 10 menit menjelang akhir babak pertama Bayern mengambil alih jalannya pertandingan. Arjen Robben kembali mendapat kesempatan head to head dengan kipper Dortmund pada menit 41, akan tetapi bola tipunya hanya mengenai muka Roman Weidenfeller. Hingga 45 menit babak pertama usai skor kacamata 0-0 tetap tak berubah.

Usai turun minum, gol yang ditunggu Munchen akhirnya tercipta juga pada 13 menit babak kedua berjalan, yaitu lewat sepakan pelan Mario Mandžukić hasil umpan manis Arjen Robben, Bayern Munchen unggul 1-0.

Dimenit 66, Dante yang membuat pelanggaran terhadap Reus membuahkan pinalti bagi kubu Dortmund hingga Gundongan yang terpilih sebagai eksekutor, sukses menjalankan eksekusi tersebut, skor imbang 1-1 untuk kedua tim.

Hasil imbang membuat Die Bavarian meningkatkan tempo serangan dan menghadirkan sejumlah peluang pada menit ke 69 lewat Muller yang hampir membuat gol tetapi masih terselamatkan oleh Subotic, Menit 75 lewat tendangan terarah Alaba dan Menit 87 oleh Schweinsteiger namun keduanya berhasil ditepis oleh kipper Dortmund.

Gol pembawa kemenangan Bayern terlahir dari kaki Arjen Robben pada menit ke-88, yaitu hasil umpan backheel Mandžukić dan diteruskan oleh Robben dengan sukses mengecoh Roman Weidenfeller yang membuat skor berubah 2-1 hingga babak kedua usai dan menjadikan Bayern Munchen keluar sebagai Juara UEFA Champions League 2013.

Susunan Pemain Kedua Tim:

Bayern Munich:
Neuer, Lahm, Boateng, Dante, Alaba; Martinez, Schweinsteiger; Robben, Mueller, Ribery (Luiz Gustavo 90′) ; Mandzukic (Gomez 90′)

Borussia Dortmund:
Weidenfeller; Piszczek, Subotic, Hummels, Schmelzer; Bender (Sahin 89′), Gundogan; Blaszczykowski (Schieber 89′), Reus, Grosskreutz; Lewandowski.