| by | Filed under Motor, Otomotif.

Sekarang ini, Drag bike menjadi salah satu ajang balap yang paling populer dikalangan bikers, namun mungkin sebagian biker ada yang tak mengetahui tentang apa sih itu Dragbike? Drag Bike merupakan suatu kejuaran atau ajang balap sepeda motor yang dikendarai dengan kecepatan tinggi dan dilakukan dalam lintasan pacu lurus terdari dari dua jalur sejajar dengan panjang yang sama.
Dragbike
Dragbike mempunyai panjang lintasan sejauh 201 meter dan jarak lintasan pengereman sepanjang 201 meter pada umumnya dengan minimal lebar lintasan 4 meter tiap lajunya dan 1,5 meter dari tepi jalur. Sebenarnya standart peserta drag bike wajib memiliki Kartu Izin Start (KIS) dari Ikatan Motor Indonesia (IMI) untuk kategori balap motor.

Untuk kelas utama yang dilombakan dalam Kejurnas Drag Bike diantaranya yaitu kelas campuran 250 cc 2tak tune up 80 cc – 250 cc, kelas bebek 125 cc 4tak tune up 80 cc – 130 cc, lalu kelas sport 150 cc 2tak tune up 135 cc – 155 cc dan kelas bebek 125 cc 2tak tune up 80 cc – 125 cc, adapun kelas lain hanya sebagai pendukung.

Drag bike diperlombakan dalam 2 babak, dengan arti urutan start babak kedua berdasarkan hasil babak pertama dan waktu terkecil akan melakukan start terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan urutan waktu terkecil kedua dan seterusnya. Sementara untuk penilaian, dihitung dengan catatan waktu, jika terjadi nilai waktu yang sama, pemenang akan ditentukan dari catatan waktu terbaik di heat kedua atau dilihat dari kapasitas cc yang lebih kecil.