| by | Filed under Otomotif, Tips Trik & Modifikasi.

Mobil listrik sempat populer pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20 silam, namun meredup di tahun 1970-an dan 1980-an karena krisis energi serta kalah bersaing dengan kendaraan berbahan bakar bensin yang semakin murah & semakin berkembang.

Charge Mobil Listrik

Pada tahun 2000, para produsen kendaraan kembali menaruh perhatian serius untuk mengembangkan teknologi tersebut, disebabkan harga minyak yang melambung tinggi serta banyak masyarakat dunia yang sudah sadar akan buruknya dampak emisi gas rumah kaca. Untuk itu menyambut era mobil listrik dan tak menjadi tanda tanya tentang apa saja keunggulan serta kelemahan dari mobil listrik, berikut hal penting yang harus anda ketahui tentang mobil listrik :

Kelebihan Mobil Listrik

  • 100 Persen Bebas Emisi
    Mobil listrik memiliki emisi gas buang karbondioksida yang jauh lebih rendah dibanding mobil berbahan bakar konvensional lain.
  • Hemat Energi
    Mobil listrik jauh lebih murah dan hemat energi yaitu 48% dibangdingkan mobil berbahan bakar konvensional yang mencapai efisiensi sekitar 25% dan rata-rata mobil listrik memerlukan biaya isi ulang 1 sen per mil dibandingkan dengan mobil yang memakai bahan bakar yang membutuhkan 6 sen per mil.
  • Keamanan
    Faktor jaminan keamanan mobil listrik baik karena tidak melibatkan bahan bakar minyak yang dapat sewaktu-waktu terbakar atau meledak jika menabrak sesuatu.
  • Perawatan Murah
    Mobil Listrik memiliki biaya pemeliharaan jauh lebih murah karena tak mempunyai ratusan komponen dalam motornya seperti mobil kenvensional. Selain itu, mobil listrik juga bisa dicuci “jangan pernah berpikir mobil lisrik sangat berbahaya jika terkena air”, mobil tersebut dirancang sedemikian rupa agar bisa melibas air seperti ketika dicuci, hujan, dan lainnya.
  • Nyaman Dikemudikan
    Mobil listrik sama sekali tidak menimbulkan suara bising ketika dijalankan ketimbang mobil bensin. Meski demikian ternyata mobil listrik juga memiliki torsi yang cukup besar sehingga dari segi performa juga cukup mumpuni.

Kelemahan Mobil Listrik

  • Harga Betarai Mahal
    Masih mahalnya harga beterai mobil listrik manjadi alasan dibalik enggannya seseorang ingin memiliki mobil listrik dengan harga beterai lebih dari $ 10 ribu.
  • Keberadaan Mobil Hybrid
    Ketika orang menyebut mobil listrik pasti banyak yang beranggapan bahwa mobil tersebut sepenuhnya dijalankan dengan motor listrik. Namun, ada kategori mobil listrik yang memiliki mesin minyak/gas yang biasa disebut mobil hybrid. Kegunaannya untuk menghemat daya motor listriknya habis, karena mobil listrik memiliki jarak tempuh yang terbatas.
  • Suhu
    Mobil listrik memiliki kecendrungan bila sekali pengisian dayanya berkurang diakibatkan faktor cuaca yang terlampau panas atau terlampau dingin. Umumnya mobil listrik sangat cocok digunakan pada tempat dengan suhu sekitar 22 derajat Celcius.
  • Bahaya Dari Kesenyapan
    Mobil listrik yang hampir tidak menimbulkan suara jelas tak selalu membawa keuntungan. Disebabkan, senyapnya suara mobil bisa menimbulkan bahaya bagi orang buta, orang tua dan anak-anak.
  • Charge (Pengisian Beterai)
    Pengisian ulang mobil listrik membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan proses pengisian mobil bahan bakar ke tangki pada umumnya.