| by | Filed under AFC, Bola.

Sungguh disayangkan anda harus menyaksikan laga International Friendly, Jumat 7 Juni 2013 besok dengan melihat pemain Timnas Indonesia tanpa kostum kebanggaannya yaitu Merah Putih (Jersey Home) dalam menghadapi Timnas Belanda di Stadion Gelora Bung Karno (SGBK) jakarta.

Indonesia vs Belanda 2013

Yah kenyataan itu harus diterima dikarenakan adanya perjanjian antara Timnas Belanda dengan sponsor dan promoter, bentuk kesepakatan itu ialah dikarenakan Robin van Persie CS akan memakai baju Oranye dimana Dalam peraturan FIFA, tidak diperbolehkan kedua tim memakai kostum berwarna terang dalam pertandingan sehingga memaksa Timnasional Garuda harus memakai kostum tandang (Jersey Away) yakti Putih Hijau pada pertandingan persahabatan nanti.

Sebelumnya Pelatih Timnas Indonesia “Jacksen F Tiago” sebenarnya sudah mencoba mempertahankan agar Timnas Indonesia tetap memakai kostum kebanggaan Merah Putih, namun karena tidak terjadi kesepakatan akhirnya Timnas Indonesia harus mengalah.

“Mereka sudah ada deal dengan sponsor, Kami juga tadinya ngotot dalam manager meeting, Bagaimanapun juga, ini merupakan kebanggaan kami. Namun karena kedua pihak tidak ada kesepakatan, akhirnya match commisioner menelepon AFC. Alhasil, mereka memutuskan kami memakai kostum kedua,” ujar Jacksen.

Selain itu Manajer Timnas Rudi Maswi juga berang, dia pun menuding hal ini adalah kesalahan dari pihak promotor, Nine Sport yang menyembunyikan kesepakatan-kesepakatan tersebut dari PSSI, all hasil PSSI sendiri mengaku tidak mengetahui adanya perjanjian antara Timnas Belanda dengan sponsor dan promotor terkait masalah kostum ini.

So, meskipun hal seperti ini tidak begitu mempengaruhi penampilan Timnas Nasional Indonesia, namun jika masalah jersey saja Indonesia harus mengalah di Negara-nya sendiri, dikarenakan segelintir kelompok yang mencari keuntungan, Maka bisa dipastikan ini adalah bentuk Gaya Baru Belanda dalam Menjajah Indonesia.