| by | Filed under Mobil, Otomotif.

Bagi pengicar mobil murah berkualitas, akhirnya ditahun ini bisa terwujud setelah regulasi pemerintah mengenai (Low Cost Green Car) LCGC dan kendaraan emisi karbon rendah (LCE) resmi disetujui oleh presiden SBY.

New Avanza Veloz

Peraturan yang sudah merencanakan program ini sejakĀ  dua tahun lalu bakal ditujukan untuk semua produsen mobil dengan standart persyaratan yaitu engine 1200cc kebawah dan mengadopsi Euro2 serta harus irit BBM 1:20 L/km. Nantinya, mobil murah tersebut akan bercokol dengan harga di bawah Rp 200 juta sampai Rp 100 juta.

Dengan program ini, pemerintah yakin banyak produsen yang bergabung dengan Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) untuk siap memproduksi mobil murah ramah lingkungan akan memperkuat struktur industri otomotif nasional. Seperti sekarang ini, tingginya harga mobil dikarenakan pajak berganda yang mulai dari PPnBm, PPH, sampai bea balik nama.

Melalui PP tersebut maka para produsen mobil seperti Toyota, Daihatsu, Honda, Suzuki, Nissan dan lainnya akan segera memamerkan jagoan mobil murah mereka di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013 yang akan diselenggarakan pada 19-29 September 2013 mendatang.