| by | Filed under Otomotif, Tips Trik & Modifikasi.

Sebagian pengendara sepeda motor maupun mobil terkena tilang Polisi seakan menjadi hal yang menakutkan, padahal jika kelengkapan berkendara baik secara fisik maupun administrasi (SIM & STNK) serta tidak melanggar tata tertib lalu lintas maka dipastikan anda tak terkena tilang.

5 Tips Jika Terkena Tilang

Untuk itu ada baiknya memahami 5 jenis surat tilang polisi, yang ternyata Penting juga? Selain itu, karena sebagian orang tidak mengetahuinya prosedur akan tilang itu sendiri mengakibatkan berujung pada damai dengan menyuap oknum Polisi tersebut.

Nah, bagaimana solusi menghindari kejadian tersebut berikut 5 tips jika anda terkena tilang:

1. Tenang
Apabila berkendara tepat bertemu razia kendaraan, sebaiknya anda tenang dan jangan panic. Sebab ini bukanlah suatu tindakan kriminal melainkan pidana ringan dan hanya berujung denda.

2. Parkir
Apabila sudah terjaring sebaiknya anda lebih dulu mengamankan kendaraan, dengan kata lain segera kunci ganda kendaraan anda.

3. Alasan
Kemudian jelaskan lebih dulu kronologi dan alasan tentang hal yang dianggap oleh Polantas yang menilang dengan penjelasan singkat, padat dan tepat jika anda benar. Namun, jika anda bersalah sebaiknya berjiwa besar untuk mengakui kesalahan tersebut.

4. Petugas
Pastikan petugas itu benar Polantas dan membawa buku tilang, untuk menghindari modus yang berujung mengajak damai.

5. Prosedur
Apabila yang menilang adalah Polantas & tak ada niat untuk melakukan pungli, jadi kita harus melanjutkan sesuai prosedur tilang serta undang-undang yang berlaku.