| by | Filed under Bola, UEFA.

Gelar Treble Winners (tiga gelar dalam satu musim) memang suatu kebanggaan dan sangat dinanti bagi klub manapun dimuka bumi yang bisa meraihnya. Istilah treble merujuk pada suatu klub mampu meraih liga domestik, piala domestik, dan Liga Champions Eropa dalam satu musim. Gelar lain yang hanya terdiri dari satu atau dua pertandingan seperti Community Shield, Piala Super Eropa, Piala Super Italia, atau Piala Dunia Antarklub tak termasuk kategori treble.

7 Tim Eropa Peraih Treble Winners

Seperti apa yang terjadi pada Bayern Munich dengan mencatatkan sejarah baru bagi klub The Bavarians tersebut dengan meraih treble winners untuk pertama kalinya setelah melengkapi trofi DFB-Pokal Sieger 2013 lalu. Sebelum Bayern Munchen yang baru merasakan 2 gelar domestik dan 1 gelar Liga Champions itu, beberapa klub elit Eropa lainnya juga sempat merasakan Treble Winners. Lalu Siapa saja mereka?

Inilah 7 Klub Eropa Peraih Treble Winners:

1. Glasgow Celtic
Dimusim 1966/1967, Glasgow Celtic sukses sebagai tim Eropa pertama yang merasakan gelar treble winners, setelah tak terbendung di kompetisi domestik dan Eropa. Dimasa itu, Celtic sanggup merajai Scottish Football League, Scottish Cup, dan di Liga Champions setelah menjungkalkan jagoan Italia, Inter Milan dengan skor 2-1.

2. Ajax Amsterdam
Pada musim 1971-1972, klub yang dilatih Stefan Kovacs dan dimotori Johan Cruijff membuat Ajax Amsterdam tampil perkasa dimusim tersebut dengan berhasil meraih Eredivisie, KNVB Cup, European Cup dalam satu musim. Dan ini pun disebut-sebut sebagai puncak kesuksesan “total football”.

3. PSV Eindhoven
16 tahun berselang, PSV Eindhoven mengikuti jejak Ajak di musim 1987/88. Kesuksesan PSV tercipta usai menaklukkan klub raksasa Portugal, Benfica lewat adu penalti yang berakhir 6-5. Bermain imbang 0-0 di 120 menit dan dilanjutkan drama penalties, kelima eksekutor PSV sukses membawa klub Belanda menjuarai Piala Eropa 1988.

4. Manchester United
Musim 1998-99 menjadi musim bersejarah yang tak terlupakan bagi Manchester United hingga saat ini. Mengapa tidak, mereka menjadi tim Inggris peraih treble hingga saat ini. MU yang diperkuat pemain-pemain kenamaan seperti David Beckham, Ryan Giggs dan Dwight Yorke sukses menyabet Premier League, Piala FA, dan Liga Champions.

5. Barcelona
1 Dekade berselang tepatnya dimusim 2008/2009, dibawah arahan Pep Guardiola, Barcelona menjelma menjadi tim yang paling disegani didunia. Bagaimana tidak, permainan tiki-taka tim Catalan tersebut sukses mengunci tiga trofi dalam musim. Tak hanya itu, Barcelona juga mencatat sejarah sebagai satu-satunya tim sepakbola yang meraih sextuple atau 6 gelar sepanjang satu tahun.

6. Inter Milan
Musim 2009-2010, Inter Milan menjadi tim superior dibawah asuhan Jose Mourinho. Prestasi fenomenal ini, membuat Internazionale sebagai satu-satunya tim Italia yang meraih treble setelah meraih gelar Serie A dan Coppa Italia lalu yang paling historis ketika sepasang gol Diego Milito membuat Bayern takluk 2-0, sekaligus membuat Inter menjuarai Liga Champions musim 2010.

7. Bayern Munchen
Die Roten berhasil memastikan gelar Bundesliga saat kompetisi masih menyisakan 6 pertandingan dan penantian FC Hollywood selama 30 tahun lebih untuk meraih kembali trofi Liga Champions menjadi kenyataan di musim 2012/13. Kesuksesan Bayern terlengkapi dengan raihan treble winner setelah mengalahkan mengalahkan VfB Stuttgart 3-2 di final DFB-Pokal 2013. Dengan ini, Bayern Munich sukses mengukir sejarah meraih gelar satu musim sepanjang karir klub.