| by | Filed under Mobil, Otomotif.

Pada umumnya, beberapa mobil memiliki dua hingga tujuh kursi namun mobil-mobil dibawah ini hanya mempunyai jok tunggal khusus untuk seorang driver. Mobil dengan satu kursi sering kita temui atau dilihat cuma di lintasan balap saja.

Mobil Single Seater

Meski jarang ditemui, ada beberapa mobil single seater yang dibuat umum oleh para industri otomotif dunia dengan posisi pengemudi tepat di garis tengah dan tidak terbebani oleh kursi tambahan di samping sopir. Mobil apa sajakah itu? Berikut 5 mobil single seater atau jok tunggal yang legal:

Lamborghini Egoista Concept
Pabrikan asal Bologna ini akan telah membuat mobil konsep satu-satunya yang hanya memiliki jok tunggal dan berspesifikasi mesin V10 5.2L yang mampu menghasilkan tenaga 600 hp.

McLaren F1
Pada versi pertama, McLaren F1 memiliki jok pengemudi dalam kabin dengan posisi di tengah ditemani dua jok penumpang terletakan sejajar namun sedikit di belakang. Namun, pada versi kedua F1 GTR memiliki jok tunggal dan menyisakan mesin BMW V12 6.1L bertenaga 618hp.

Caparo T1
Caparo membeli sebuah city car dari Mercedes SLR dan mengembangkannya dengan model baru yaitu T1 sebuah jet darat dijalanan produksi terbatas. Secara teknis Caparo T1 memiliki kapasitas dua penumpang yang terletak dibelakang pengemudi sejajar. T1 memiliki mesin V8 3.5L yang mampu berakselerasi 0-100 km/jam hanya 2,5 detik serta kecepatan maximum 330 km/jam.

BAC Mono
Produksi Briggs Automotive asal Inggris, BAC Mono dibuat dengan memakai rangka baja dan panel bodi berbahan karbon komposit serta disenjatai mesin dari Cosworth 4silinder 2.3L 285 tenaga kuda.

Ford F1
Pabrikan asal Amerika tak mau ketinggalan akan mobil single seater namun sedikit berbeda yaitu dengan memodifikasi mobil Formula Ford ke model mobil balap jalan yang memenuhi persyaratan. Ford F1 mempunyai mesin 3silinder 1.0L EcoBoost diplot menggantikan mesin asli.

Berikut galeri gambar 5 mobil single seater yang legal: