| by | Filed under Otomotif, Tips Trik & Modifikasi.

Harga BBM kini sudah dipastikan naik akhir Juni 2013 yaitu berkisar Rp 6.500 untuk Premium dan Rp 5.500 untuk Solar. Kondisi ini tentunya membuat Anda harus lebih mengetahui teknik mengemudi yang jitu agar hemat BBM, dan pastinya tidak membuat kantong jebol.

Mesin Diesel Common Rail

Apa saja langkah yang diperlukan dan diperhatikan, berikut tips alternatif hemat BBM saat berkendara:

1. Rencana Perjalanan
Melambungnya harga BBM tentu tak mengubah gaya kebiasaan kita dalam bepergian dalam berkendara, namun kali ini cobalah untuk membiasakan untuk merencanakan perjalanan anda dalam berkendara misalnya mencari jalan untuk menghindari macet atau lainnya.

2. Pemindahan Transmisi Manual/Matic dan RPM Rendah
Bagi pengguna kendaraan bertransmisi manual sebaiknya pindahkan gigi sesegera mungkin jangan tunggu hingga RPM naik keangka 2.500 ini untuk jenis kendaraan konsumsi premiun dan untuk pengguna diesel dibawah RPM 2.000 serta khusus buat kendaraan Matic hindari lonjakan gas secara spontan.

Jenis kendaraan bertransmisi manual, jika posisi berada pada gigi terendah usahan gas tetap stabil karena pada dasarnya putaran mesin pada gigi terendah sangat maksimal oleh karena itu jumlah pemakaian BBM sangat banyak.

3. Gigi Tinggi Kecepatan Rendah
Meski tidak adanya akselerasi namun dengan cara ini akan menghemat konsumsi BBM tanpa merusak mesin yaitu saat berkendara anda bisa menggunakan gigi tinggi pada kecepatan rendah tanpa khawatir adanya kerusakan (INGAT: range 2,500 – 2,800 RPM pada mesin bensin) .

4. Lakukan Penurunan Transmisi dengan Halus
Kendaraan dalam kondisi laju pada posisi gigi tinggi usahakan untuk mengundurkan gas terlebih dahulu hingga menunggu putaran mesin rendah lalu memindahkan transmisi ke posisi terendah.

5. Matikan Mesin
Saat berhenti dalam waktu seminit lebih sebaiknya matikan mesin jika memungkinkan misalnya berada di palang pintu lintasan KA, lampu merah, traffic light atau menunggu seseorang di minimarket.

6. Beban Kendaraan
Kelebihan beban kendaraan menjadi salah satu faktor eco-driving yang dapat menyebabkan overweight dan semakin ringan beban kendaraan maka kerja mesin juga semakin ringan.

7. Aksesoris
Dalam modifikasi kendaraan juga menjadi salah satu faktor penggunaan konsumsi BBM, semisalnya menggunakan ban berukuran besar atau permukaan lebar dan lainnya.

8. Injeksi
Ini adalah pertimbangan terakhir dikala BBM lagi naik, bagi anda yang belum mempunyai kendaraan bermotor atau yang ingin beralih sebaiknya cobalah untuk memilih kendaraan injeksi.

Selain itu, tips untuk menghemat bahan bakar anda bisa menggunakan teknik hypermiling.