by | Filed under Otomotif, Tips Trik & Modifikasi.

Rem Cakram menjadi perangkat pengereman yang banyak digunakan pada kendaraan modern. Sebaliknya, jika rem tromol (drum) identik dengan komponen tipe terdahulu namun saat ini masih banyak kendaraan modern yang menggunakan komponen tersebut. Kedua rem tersebut mempunyai cara kerja yang berbeda.

Kampas Rem Cakram

Pada rem cakram, menjepit disc brake menggunakan caliper digerakkan oleh piston untuk mendorong sepatu rem (brake pads) ke piringan yang menghasilkan daya rem yang mencengkram. Lain halnya pada rem tromol yang bekerja atas dasar gesekan antara sepatu rem dengan drum yang ikut berputar dengan putaran roda kendaraan.

Dari kedua rem tersebut, kampas menjadi bagian paling penting dari rem. Kampas biasa akan cepat aus, oleh karena itu perawatan rem lebih sering dilakukan pada komponen tersebut. Jika anda ingin mencoba melakukan, berikut tips mengganti kampas rem cakram dan tromol pada mobil:

CAKRAM TROMOL
Beli kampas rem cakram yang cocok dengan mobil anda. Pada umumnya semakin mahal harga kampas rem maka umur pemakaian semakin lama. Beli kampas rem tromol yang cocok dengan mobil anda.
Sebelum membongkar, pastikan mobil dalam kondisi dingin. Sebelum membongkar, pastikan mobil dalam kondisi dingin.
Lepaskan pelek ban, maka akan terlihat pemandangan rotor dan kaliper. Jika sulit coba tendang pelek dengan perlahan. Lepaskan pelek ban dan penutup drum dengan melepas baut. Jika sulit coba tendang pelek atau cek jika ada penahan.
Setelah dilepas, bersihkan dudukan, permukaan rotor (Dengan Lubang-lubangnya) dan bagian belakang roda dengan semprot jika memungkinkan. Bagian dalam drum, umumnya terdiri atas 2 kampas rem yang dilengkapi dengan pegas dan dudukan rem.
Cek kondisi kampas rem “habis atau tidak” dengan melihat lubang di tengah kaliper. Setelah dilepas, Semprot semua mekanisme pengereman ini dengan kompresor dan cek drumnya apakah ada kerusakan atau tidak?
Lalu lepaskan baut kaliper (Tiap mobil memiliki letak baut kaliper berbeda–beda dan posisi yang berbeda pula). Buka kaliper (Cara membukanya tergantung pada tipe kaliper mobil itu sendiri, apakah one plece, two plece atau yang kompleks). Beberapa kaliper ada yang tidak perlu dilepas total sementara lainnya perlu dilepas total, maka dari itu pastikan anda meletakkan dengan benar dan tidak tergantung dikabel rem saja. Melepas komponen kampas. “Sebelum membongkar dan agar nantinya pemasangan lebih mudah sebaiknya anda mengambil gambar dengan kamera digital untuk mengetahui bagaimana tampilan sebelumnya. Karena ram drum punya beberapa pegas dan tuas, seperti untuk penyesuaian dan untuk rem tangan yang biasanya ada beberapa warna berbeda.”
Usai dibuka, maka Anda bisa melihat adanya kampas rem menempel pada bagian rotor, sementara kaliper terlihat ada piston menekan kampas rem cakram ini. Siapkan kampas rem baru lalu bandingkan dengan kampas yang lama (Pastikan ukuran dan dimensi sama persis serta lubang-lubang agar nantinya pas dengan dudukan)
Tiap kampas rem biasanya sudah memiliki indikator untuk menunjukan apabila kampas rem sudah tipis. Indikator ini jika menyentuh rotor akan bebunyi berdecit bertanda kampas rem hampir habis dan segera menggantinya. Pasang kampas rem baru dengan posisi benar dengan bentuk rem drum yang anda miliki
Letakan 2 kampas rem didudukannya jangan langsung dipasangkan, karena tidak akan bisa. piston di kaliper sudah melar karena sebelumnya menggunakan kampas rem yang tipis. Beberapa tipe kampas rem punya ukura berbeda (Depan-Belakang), namun pada umumnya sama sehingga bisa dipasang terbalik.
Untuk mengembalikan piston sulit dilakukan dengan tangan, cobalah dengan menggunakan klem penjepit kemudian tekan piston sampai ke posisi yang diinginkan. Selanjutnya pasang pin penahan serta per-per dan pastikan semua sudah betul seperti kabel dll. Jika ragu, bandingkan kembali dengan gambar yang diambil dari kamera sebelumnya.
Setelah silinder piston masuk kembali, kencangkan atau pasang kembali kaliper ke dudukanya. Caranya sama seperti sebelumnya, lalu pasang kembali roda. Lalu pasang tutup drum dan pelek ban dengan baik. Sebelum digunakan untuk perjalanan, cek dahulu rem di jalan datar dan pastikan tak ada kelainan.
Sebelum digunakan lakukan pengetesan dengan menjalankan mobil dan coba rem, apakah sudah pakem dan pastikan tidak ada kelainan.

Sebelum mengganti kampas rem cakram atau tromol, pastikan sebelumnya anda membaca buku manual mobil tentang rem drum yang anda gunakan. Setiap mobil memiliki konfigurasi rem drum  yang berbeda–beda, selamat mencoba.