by | Filed under Otomotif, Tips Trik & Modifikasi.

Kondisi mesin antara mobil bekas dengan mobil baru tentulah sangat berbeda, hingga cara mengemudi dan perawatan berbeda pula. Dengan demikian, pemiliharaan akan mesin jadi sangatlah penting dilakukan. Untuk itu, ada beberapa alternative mengetahui kerusakan mesin diantaranya cek kondisi permukaan knalpot atau dengan melihat keluarnya asap.

Asap Knalpot

Cara mengetahui kerusakan mesin melalui kondisi knalpot dan penyebab keluar asap pada kendaraan anda khususnya mobil bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:

Kondisi Knalpot
Secara umum terdapat 4 kondisi ujung knalpot yang bisa mencerminkan keadaan mesin, yakni:

  • Knalpot Bersih & Berwarna Keabu-Abuan
    Hal ini menandakan mesin dalam kondisi baik & semua komponen dalam mesin berfungsi dengan normal (semestinya).
  • Basah Karena Ada Rembesan Oli
    Jika knalpot basah oleh oli dapat dipastikan bahwa ada kerusakan pada mesin mobil terutama pada bagian ruang bakar. Keadaan adanya rembesan oli ini biasanya dibarengi dengan kondisi asap keluar dari knalpot berwarna putih tebal & tidak berhenti-henti.
    Cara memeriksa sangat mudah, yakni dengan meraba ujung knalpot apakah ada rembesan oli (basah & bahkan oli sampai menetes), tetapi sebelum mengecek nyalakan dulu mobil dan cobalah injak gas sampai cukup dalam berulang-ulang seperti berusaha mengeluarkan sesuatu dari dalam knalpot.
  • Knalpot Berwarna Hitam & Berkerak Karbon
    Biasanya disebabkan oleh tidak sempurna pembakaran yang terjadi ruang bakar. Kotornya filter udara membuat udara yang masuk tidak ideal, juga bisa disebabkan oleh buruknya kualitas api dari busi sehingga bensin yang masuk ruang bakar tidak terbakar semua & sisanya dibuang melalui knalpot.
    Cara mengecek cukup gampang yakni dengan meraba ujung knalpot apakah seperti ada debu karbon dan warna knalpot hitam?, biasanya kondisi seperti ini asap knalpot berwarna hitam & tidak mau berhenti (gas dengan keras lalu lihat pula asap yang keluar). Jika mengalami kondisi seperti ini anda bisa membersihkan filter udara mobil dan mengganti busi mobil.

Warna Asap
Beberapa warna asap yang mencerminkan kondisi mesin mobil antara lain:

  • Asap Tidak Berwarna
    hal ini menandakan mesin dalam keadaan cukup baik (tidak ada masalah).
  • Asap Mobil Berwarna Hitam
    kebanyakan disebabkan oleh pembakaran bahan bakar kurang sempurna sehingga ada sisa pembakaran keluar bersama udara. Kondisi ini dapat mengurangi performa mesin dan sangat berpengaruh terhadap konsumsi BBM bahkan bisa lebih boros 2 kali lipat dibandingkan kondisi normal.
    Penyebab keluar asap hitam pada mobil antara lain kebocoran kompresi (cek Kompresi), nyala api busi yang kecil (periksa/ ganti busi), karburator bermasalah, filter udara kotor (bersihkan/ ganti).
  • Asap Mobil Berwarna Kebiruan
    Masuknya oli keruang bakar dan ikut terbakar terbakar yang disebabkan oleh seal, piston, gasket atau o ring.
  • Asap Mobil Berwarna Putih Tipis
    Ini merupakan akibat adanya kondensasi terutama bila udara dingin. Asap ini hanya bersifat sementara dan hilang dengan sendirinya jadi tak perlu khawatir.
  • Asap Putih Tebal
    Biasanya adanya air dari coolant yang masuk ke ruang bakar. Kerusakan coolant ini kemungkinan disebabkan oleh kerusakan packing head, silinder head atau blok mesin yang terjadi keretakan.

Sebagai catatan: jika hal diatas tidak bisa ditanggani sebaiknya mobil anda dibawa ke bengkel terpercaya.