| by | Filed under Mobil, Otomotif.

Nissan telah meluncurkan mobil terbarunya bernama Note untuk bersaing dikelas city car. Nissan Note sudah resmi dijual dibeberapa Negara pada awal 2013 lalu dan kini bersiap untuk masuk pasar Indonesia. Jenis Hatchback ini nantinya akan disejajarkan dengan Honda Fit (Jazz), Ford Fiesta, dan Toyota Vit (Yaris).

Nissan Note yang lebih dulu hadir di Eropa memiliki beberapa fitur keamanan dan keselamatan bagi pengemudi.  fitur security tersebut diantaranya keyless entry dengan push start/stop engine button, 6 airbag serta cruise control pada tipe tertingginya.

All New Nissan Note

Sedangkan untuk tiga fitur keselamatan ini sangat menarik dan canggih yaitu diantaranya Blind Spot Warning (berperan sebagai mata ketiga yang ketika pandangan pengemudi mobil terhalang objek lain, maka fitur tersebut memberikan gambaran serta peringatan berupa pesan suara), lalu Lane Departure Warning (memberikan peringatan ketika mobil beralih jalur dalam kecepatan tinggi) & Moving Object Detection.

Fitur keselamatan Blind Spot Warning mempunyai empat kamera yang berfungsi sebagai mata monitor diantaranya terletak pada grille depan lalu dibawah sepasang spion dan dibagian belakang (aktif secara otomatis saat mobil mundur) serta atas kendaraan. Untuk kamera lain bisa aktif secara otomatis saat mobil melaju dengan kecepatan lebih dari 10 km/jam atau diaktifkan secara manual.

Nissan Note mempunyai interior simple dan sederhana namun dirancang lebih menarik serta ramah lingkungan. Pada bagian tengah dashboard terdapat monitor touchscreen sebesar 5. 8 inchi, DVD, koneksi Bluetooth, USB, iPod dan sistem navigasi google serta service google point of interest ( google poi ) dapat melacak setiap lokasi dan menambah kenyamanan berkendara.

Spesifikasi mesin Nissan Note

Nissan Note memiliki tiga pilihan mesin yaitu pertama versi bensin menggunakan 1,2 liter tiga silinder berkode HR12DE dengan tenaga maksimum 79PS. Lalu versi kedua masih menggunakan mesin sama, namun telah dipasangi supercharger sehingga menyemburkan daya 97 PS , 65.7 mpg dan menghasilkan emisi hanya 99 g/km.

Sedangkan pada versi diesel berkapasitas 1.500 cc dengan konsumsi BBM 78,5 mpg dan karbondioksida 95 g/km. Untuk pemindah tenaga tetap mengandalkan XTronic CVT.