| by | Filed under AFC, Bola.

Klub Indonesia juga tak luput dari sorotan majalah terkenal Amerika yaitu Forbes yang merilis daftar 10 klub terkaya Indonesia. Majalah bisnis dan finansial Amerika Serikat tersebut memilih sepuluh klub berdasarkan faktor sumber pendapatan. Dibalik finansial bergelimang tak sedikit klub juga mengalami masalah dan prestasi. Untuk itu berikut 10 Klub sepakbola terkaya Indonesia versi majalah forbes:
Klub Terkaya Indonesia 2013

1. Persib Bandung

Klub dari Bandung Lautan Api menduduki posisi satu dengan pengeluaran klub sebesar Rp 2.24 billion. Klub yang di ketuai oleh Umuh Muchtar ini ”tak pernah kosong sponsor” dan selalu berbelanja pemain. Para Sponsor datang karena kekompakan Bobotoh Viking (supporter) Persib Bandung.

2. Persebaya 1927

”The Green Force” atau ”Bajul Ijo” klub dari Surabaya yang masih berkompetisi di Indonesian Premier League menempati posisi ke dua dengan pengeluaran sebesar Rp 2.19 billion.

3. Persipura Jayapura

Klub berjuluk ”Mutiara Hitam” ini menempati posisi ketiga dengan pengeluaran Rp 1.31 billion , dengan menggandeng beberapa sponsor level tinggi seperti Telkomsel dan PT. Freeport Indonesia, Sebuah perusahaan pertambnangan emas.

4. Mitra Kukar FC

Klub dengan bertabur pemain bintang asal Kalimantan Timur berada diposisi keempat dengan mengeluarkan uang sebanyak Rp 1.29 billion.

5. Semen Padang FC

Salah satu wakil klub Indonesia yang tersisa di AFC Cup musim 2012/13 dan dukung The Kmers dan Spartacks berada diurutan lima dengan mengeluarkan uang sebesar Rp 1.26 billion pada musim ini.

6. Sriwijaya FC

Klub dari Kota Pempek , Sriwijaya FC sang juara ISL 2011/2012 dan Juara Pertandingan Pra Musim, Inter Islan Cup ini menempati posisi enam dengan pengeluaran Rp 989 million .

7. Pelita Cronous Arema FC

Arema ‘merger’ Pelita , mengeluarkan uang sebesar Rp 761 million . Tim Kebanggan Aremania ini telah mendatangkan pemain-pemain intinya yang dulu, serta menyisipkan Coach Rahmad Darmawan untuk mearmadai Arema.

8. Persepam Madura

Tim promosi asal Madura yang baru saja menginjakkan kaki di ISL, mengeluarkan uang sebesar Rp 628 million dan langsung melejit dengan masuk 10 besar klasemen ISL.

9. Persiku Kudus

Klub kebanggaan warga Kudus ini yang masih berkompetisi di Divisi Utama Klub mengeluarkan uang sebesar Rp 619 million.

10. Perseman Manokowari

Satu diantara beberapa klub Papua yang mencicipi kerasnya liga Indonesia, kimi Perseman Manokwari telah mengeluarkan uang sebesar Rp.587 million untuk berkompetisi.